detikNews
2019/10/17 14:25:39 WIB

Pemprov DKI Tak Bisa Larang Bus Zhong Tong: Yang Penting Sesuai Spesifikasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov DKI Tak Bisa Larang Bus Zhong Tong: Yang Penting Sesuai Spesifikasi Bus TransJakarta Merek Zhong Tong (Wilda/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan tidak bisa melarang penggunaan bus China, Zhong Tong yang sudah beroperasi kembali untuk TransJakarta. Pemprov hanya mensyaratkan bus itu sesuai dengan spesifikasi.

"Kita nggak boleh melarang. Karena begitu pengadaan bus oleh operator, operator bisa memilih. Kalau kita, selama dia sesuai dengan spesifikasi, yang sudah ditetapkan oleh Kemenhub ya silakan," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Kamis (17/10/2019)

Menurut Syafrin, Kementerian Perhubungan memiliki aturan tentang bus-bus yang beroperasi di Indonesia. Aturan itu wajib ditaati oleh setiap operator bus.

"Jadi gini, setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan itu wajib memenuhi ketentuan administrasi dan teknis bagaimana yang ditetapkan dalam Undang-Undang 22/2009 tentang LLAJ. Artinya, bahwa kendaraan tersebut pertama sudah mendapatkan uji tipe... uji tipe ini itu tentu dikeluarkan oleh kementerian perhubungan," kata Syafrin.

"Nah, artinya, sudah memenuhi persyaratan dari aspek teknis. Kemudian tentu setelah itu ada surat tanda nomor kendaraannya, administrasinya dipenuhi. Makanya dia bisa beroperasi, begitu," sambungnya.


Beberapa spesifikasi yang harus dilengkapi oleh bus seperti panjang dan lebar bus. Selain itu, unsur keselamatan diperhatikan.

"Iya (unsur keselamatan harus dipenuhi). Semuanya sudah ada spesifikasinya dan tentu bus tersebut kan sudah mendapatkan uji tipe dari Kemenhub. Artinya, sesuai persyaratan teknis laik jalan yang akan beroperasi di Indonesia," kata Syafrin.

Dengan Zhong Tong sudah kembali beroperasi, Syafrin yakin bus tersebut sudah memenuhi persyaratan. "Sudah (memenuhi), mereka sudah mendapatkan uji tipe ya," ucap Syafrin.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com