detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 13:57 WIB

PPP ke Gerindra-PD-PAN: Jika Masuk Koalisi Jangan Berlaku Oposisi

Mochamad Zhacky - detikNews
PPP ke Gerindra-PD-PAN: Jika Masuk Koalisi Jangan Berlaku Oposisi Foto: Sekjen PPP Arsul Sani (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - PPP tak mempersoalkan jika Partai Gerindra, Demokrat dan PAN masuk koalisi pemerintah. PPP berpesan apabila Gerindra, Demokrat dan PAN masuk koalisi jangan berlaku seperti oposisi.

"Kenapa harus dipermasalahkan? PPP itu cuma memberikan underline saja bahwa kalau masuk dalam pemerintahan jangan berlaku sebagai oposisi, itu saja. Jangan kursinya mau, tapi begitu yang nggak enak nggak mau, seolah-olah bukan bagian dari koalisi, itu saja," kata Sekjen PPP Arsul Sani di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).


Arsul menilai jika PPP mendapatkan posisi menteri, itu sebagai penghargaan karena tmengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden. PPP, sebut Arsul, merasa tak bisa mengintervensi Jokowi.

"Tugas parpol itu sebetulnya selesai ketika melakukan pengusungan, selebihnya itu kan hal-hal yang sifatnya politis saja bahwa dalam politik mengusung itu kemudian ada reward-nya, itu iya," jelasnya.

"Tapi kemudian kan tidak bisa menurut saya reward itu termasuk membatasi hak seorang presiden yang diberi hak prerogatif itu untuk kemudian ikut menentukan, 'yang ini diambil, yang itu jangan', jangan. Ya itu kita kembalikan saja ke beliau (Jokowi)," imbuh Arsul.


Diberitakan sebelumnya, Gerindra, Demokrat dan PAN sudah bertemu Jokowi membicarakan tentang koalisi. Gerindra menyatakan siap membantu apabila pemerintah membutuhkan.

"Sikap Gerindra siap membantu (pemerintah) sebagaimana Pak Prabowo sampaikan, apabila pemerintah memerlukan, negara memerlukan, Pak Prabowo dan Gerindra siap membantu," kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10).




Tonton video Gerindra Masuk Koalisi atau Oposisi?:

[Gambas:Video 20detik]




(zak/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com