detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 12:21 WIB

Kala Hakim MK Ingatkan Tsamara Dkk Jangan Sampai Bayi Bisa Ikut Pilkada

Andi Saputra - detikNews
Kala Hakim MK Ingatkan Tsamara Dkk Jangan Sampai Bayi Bisa Ikut Pilkada Tsamara Amany (ari/detikcom)
Jakarta - Faldo Maldini, Tsamara Amany, Dara Adinda Kesuma Nasution dan Cakra Yudi Putra menggugat UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka meminta batas minimal syarat calon kepala daerah diturunkan sehingga mereka bisa ikut pilkada.

Berdasarkan UU Pilkada, bakal calon gubernur minimal 30 tahun sedangkan bupati/wali kota minimal 25 tahun. Faldo baru berusia 29 tahun dan Tsamara berusia 23 tahun sehingga tidak bisa mencalonkan diri jadi calon kepala daerah. Namun dalam gugatan ke MK, mereka tidak meminta tegas seberapa seharusnya batas minimal calon kepala daerah.
Kala Hakim MK Ingatkan Tsamara Dkk Jangan Sampai Bayi Bisa Ikut Pilkada

"Kalau begitu, 5 tahun boleh juga dong?" kata hakim konstitusi Prof Dr Saldi Isra sebagaimana dilansir dalam risalah sidang MK, Kamis (17/10/2019).

Saldi meminta penegasan dari Tsamara dkk soal batas minimal tersebut. Sebagai pemohon, diminta tegas menyebut angka minimal.

"Apakah memang mau menentukan menghilangkan umur sama sekali atau mau masih mempertahankan umur berapa? Nah, kalau menentukan umur, tadi Anda mengkritik orang itu bikin undang-undang tidak jelas alasannya, Anda pun harus menjelaskan kepada kami, mengapa memilih umur tertentu sebagai batas minimalnya?" ujar Saldi.

Demikian juga kata hakim konstitusi I Dewa Gede Palguna. Menurut Palguna, pemohon harus memberikan argumen yang tegas dan jelas seberapa batas minimal calon kepala daerah.
Kala Hakim MK Ingatkan Tsamara Dkk Jangan Sampai Bayi Bisa Ikut Pilkada

"Kalau ini katakanlah dikabulkan umpamanya, jadi hilang syarat usia itu. Apakah memang begitu yang Saudara maksud? Kalau begitu, 5 tahun juga boleh, gitu kan. Bahkan bayi dalam kandungan nanti boleh juga menjadi calon ini? Bagaimana ceritanya karena dia juga sudah diakui sebagai subjek hukum, gitu kan? Nah, logika seperti itu, mestinya adalah menjadi perhatian penting," ujar Palguna menegaskan.

Usai sidang yang digelar Rabu (16/10) kemarin, kuasa hukum pemohon, Rian Ernest membandingkan aturan usia dengan negara lain. Dia menyinggung Norwegia dan Denmark yang memberikan usia minimal 18 tahun untuk maju dalam pemilihan kepala daerah.
Kala Hakim MK Ingatkan Tsamara Dkk Jangan Sampai Bayi Bisa Ikut Pilkada

"Soal negara lain kami membuktikan di dua negara dengan demokrasi tertinggi, Norwegia dan Denmark, batas usia ya 18 tahun. Yang pasti simplenya gini, kalau hak memilih umur 17 sudah diberikan, kenapa tidak diberi umur 17 juga, " imbuh Rian.




Tonton juga video Jadi Kader PDIP, Gibran Isi Formulir Pilkada Solo 2020:

[Gambas:Video 20detik]



(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com