detikNews
2019/10/17 12:19:50 WIB

Polisi Bongkar Praktik Penjualan WNI ke China Modus Istri Pesanan

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Bongkar Praktik Penjualan WNI ke China Modus Istri Pesanan Foto: Polisi bongkar praktik penjualan wanita Indonesia ke China modus istri pesanan (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta - Seorang pria berinisial T ditangkap aparat kepolisian di Kalimantan Barat lantaran menjual wanita asal daerahnya untuk dijadikan istri pesanan warga negara China. Agar bisnisnya lancar, T mengiming-imingi para korban akan dinikahi pria kaya.

"Ini tindak perdagangan orang dengan modus pengantin pesanan untuk (dikirim ke) negara China. Korbannya yang ketahuan sudah dua orang, salah satunya masih di bawah umur, asal Kalimantan juga," kata Kasubbag Berita Divisi Humas Polri AKBP Alfian Nurnas dalam konferensi pers di Bareskrim, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).


Sesampainya korban di China, lanjut Alfian, korban mendapati janji tersangka T hanya bualan. Korban pun melarikan diri dari rumah suaminya dan mengadukan hal tersebut ke KBRI di China.

"Untuk modus, korban direkrut dan dikirim ke China, kemudian di China dilangsungkan pernikahan dengan warga negara China dan dijanjikan sejumlah uang 20 juta rupiah, rumah di Indonesia. Akan tetapi itu hanya sebuah janji, tidak ditepati, sehingga korban melarikan diri dan lapor ke KBRI setempat," jelas Alfian.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com