detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 11:33 WIB

BMKG: Jakarta Belum Masuk Musim Hujan

Arief Ikhsanudin - detikNews
BMKG: Jakarta Belum Masuk Musim Hujan Foto: BMKG (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Sejumlah wilayah DKI Jakarta diguyur hujan kemarin. Meski demikian, Jakarta dinyatakan belum memasuki musim hujan.

"Belum (musim hujan). Jakarta walau diguyur hujan, belum masuk musim hujan," ucap Kepala Sub Bidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG, Adi Ripaldi, saat dihubungi, Kamis (17/10/2019).


Turunnya hujan kemarin belum juga pertanda Jakarta sudah mengalami pancaroba atau peralihan dari musim panas ke musim hujan. "Untuk DKI, pancaroba-nya akhir Oktober," ucap Adi.

Musim hujan di Jakarta diperkirakan terjadi pertengahan November untuk wilayah utara dan akhir November untuk wilayah selatan. Saat itu, hujan sudah merata di setiap wilayah.


"(Saat ini) hujan masih lokal-lokal saja, di Jakarta-Bogor. Belum merata, jadi musim hujan itu biasanya hujannya sudah mulai merata tidak selang seling, sehari hujan, (lalu) tidak. Kemarin ini, baru gangguan bersifat lokal saja. (Musim hujan) DKI masih di pertengahan November untuk Utara, Selatan di akhir November," ucap Adi.

Hari ini dan dua hari ke depan, masih ada potensi hujan di beberapa titik di DKI Jakarta. Namun, potensinya masih kecil.

"Untuk perkiraan DKI, hari ini masih ada kemungkinan hujan ringan, untuk satu, dua hari. Secara umum, untuk wilayah DKI berawan," kata Adi.




Kemarau Berlanjut, Hujan Diprediksi Baru Turun Bulan Depan:


(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com