detikNews
2019/10/17 08:27:36 WIB

ICW soal Senyuman Presiden Saat Ditanya Perppu KPK: Senyum Tanpa Kepastian

Matius Alfons - detikNews
Halaman 1 dari 2
ICW soal Senyuman Presiden Saat Ditanya Perppu KPK: Senyum Tanpa Kepastian Peneliti ICW Kurnia Ramadhana (Foto: Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) menanggapi senyuman Presiden Jokowi saat ditanya terkait pengeluaran Perppu KPK. ICW menyebut tak berharap dilihatkan senyuman Jokowi yang dinilai penuh ketidakpastiaan terhadap Perppu KPK.

"Kita sama sekali tidak berharap senyum tanpa kepastian dari Presiden. Karena senyum Presiden tidak menyelesaikan permasalahan sama sekali," kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana saat dihubungi, Rabu (16/10/2019).



Kurnia mengatakan sikap Jokowi yang belum mengeluarkan Perppu KPK sebagai preseden buruk pemerintahan baru Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia juga memastikan pelemahan KPK ini akan membawa masalah di berbagai program pemerintahan Jokowi kedepannya.

"Jika Presiden tidak menerbitkan Perppu maka ini menjadi preseden buruk bagi citra pemerintahan Jokowi-JK dan menyambut pemerintahan Jokowi-Maaruf Amin, kita pastikan KPK akan mati suri jika presiden tidak keluarkan Perppu," ucap Kurnia.

"Bagaimana mungkin institusi KPK diperlemah akan mampu mengawasi serta memastikan berbagai program pemerintah ke depan akan berjalan dengan baik dan terbebas dari praktik korupsi," sambungnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com