detikNews
2019/10/17 00:47:56 WIB

KPK Geleng-geleng OTT Walkot Medan, Ungkap Pertemuan soal Cegah Korupsi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
KPK Geleng-geleng OTT Walkot Medan, Ungkap Pertemuan soal Cegah Korupsi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - KPK heran alias geleng-geleng kepala karena Wali Kota Medan Dzulmi Eldin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap. Eldin disebut sudah berulang kali bertemu KPK untuk persoalan pencegahan korupsi di Medan.

"Ibu Basaria kurang dari dua minggu dari Medan, seminggu. Saya, Pak Pahala (Deputi Pencegahan KPK) baru beberapa hari juga, hari Senin. Bung Saut sudah beberapa kali ketemu masalah Centre Point ada dengan Wakil juga ketemu berkali-kalilah, baik pimpinan ataupun staf itu, sebenarnya dalam rangka pencegahan," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).



Dia mengatakan KPK menggelar kegiatan pencegahan untuk melindungi orang-orang baik yang ada di jajaran Pemko Medan. Namun jika kemudian ditemukan bukti adanya dugaan korupsi, Saut mengatakan KPK tetap menindak tegas.

"Saya selalu katakan kehadiran KPK itu menjaga orang-orang baik. Kita hadir di sana supaya baik. Kemudian belakangan tidak baik dan bisa kita buktikan ya gitulah ajarannya mungkin. Memang kalau persoalan integritas memang susah kita," ujarnya.

Saut menolak jika KPK disalahkan saat menangkap banyak pelaku korupsi. Dia mengatakan sebenarnya pencegahan korupsi juga sudah dilakukan secara masif.

"KPK disalah-salahkan lebih banyak memenjarakan daripada mencegah, sebenarnya nggak juga. Silakan lihat riset kita, penelitian kita, bahkan kita sudah sampai sangat pribadi contoh gini, saya nggak usah sebut kepala daerahnya. Kalau saya ketemu dia saya bilang please ya jangan ketemu di Jakarta. Bilang seperti itu tanya deh kalau ketemu kepala daerah. Kurang apa lagi kalau bilang seperti itu ini bukan lagi bicara hukum tapi itu terjadi juga saya pikir kita bikin apa lagi?" ucap Saut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com