detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 00:25 WIB

Polisi Minta Warga Tak Sebar Foto-Video Perkeruh Suasana Penajam

Danu Damarjati - detikNews
Polisi Minta Warga Tak Sebar Foto-Video Perkeruh Suasana Penajam Kabid Humas Polda Katim, Ade Yaya Suryana (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Kerusuhan di kawasan Penajam Paser Utara kini sudah reda. Kini polisi meminta warga tidak menyebarkan foto dan video yang bisa memperkeruh suasana.

"Meminta masyarakat tidak menyebarkan foto-foto dan video kejadian unjuk rasa di Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kejadian Rabu itu sudah aman terkendali, sehingga penyebaran foto dan video melalui medsos berpotensi memperkeruh suasana," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Ade Yaya Suryana, dalam keterangannya yang diunggah di akun Facebok resmi Polda Kaltim, Rabu (16/10/2019).



Dia menjamin kini situasi di Penajam Paser Utara sudah aman dan terkendali. Warga dimintanya tidak melakukan tindakan melanggar hukum dan mempercayakan pengusutan kasus yang menjadi perhatian pengunjuk rasa kepada kepolisian.

"Masyarakat diharap tenang, tidak melakukan upaya-upaya di luar koridor hukum, apalagi bahkan melanggar hukum. Percayakan proses penanganan permasalahan kepada penegak hukum. Kami juga memohon kepada seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban," tutur Ade.



Penyerangan di Pelabuhan Penajam Paser Utara terjadi sekitar pukul 13.00 Wita, Rabu (16/10). Sekitar 100 orang mendatangi pelabuhan. Mereka mulanya merusak loket tiket dan menghentikan transportasi penyeberangan.

"Lebih-kurang 400 rumah di pelabuhan," ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab PPU Ahmad Usman. Warga dievakuasi aparat ke tempat aman. Namun kini kerusuhan sudah reda.




Ricuh di Calon Ibu Kota Baru, Massa Bakar Fasilitas Pelabuhan:

[Gambas:Video 20detik]




(dnu/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com