detikNews
2019/10/16 23:24:28 WIB

Kasus Suap 'Serangan Fajar' Bowo Sidik, KPK Jerat Tersangka Baru

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kasus Suap Serangan Fajar Bowo Sidik, KPK Jerat Tersangka Baru Konferensi Pers KPK (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - KPK menetapkan tersangka baru kasus dugaan suap terhadap mantan anggota DPR Bowo Sidik Pangarso. Tersangka baru tersebut ialah Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Taufik Agustono.

"Setelah menemukan bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ke penyidikan dengan satu orang sebagai tersangka TAG, Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2019).
Kasus dugaan suap ini berawal pada 2015 ketika kontrak pengangkutan antara cucu perusahaan PT Petrokimia Gresik dan PT HTK berhenti. Saat itu, ada upaya dari PT HTK agar kapal-kapalnya dapat digunakan lagi untuk distribusi pupuk oleh PT Pupuk Indonesia.

"Untuk merealisasikan hal tersebut, pihak PT HTK meminta bantuan BSP (Bowo Sidik Pangarso), anggota DPR RI," ujarnya.

Bowo kemudian diduga bertemu dengan Asty Winasty, yang sudah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka bersama Bowo seusai OTT. Asty diduga melaporkan hasil pertemuan dengan Bowo ke Taufik.

"ASW kemudian melaporkan kepada TAG hasil pertemuannya dengan BSP, yakni mengatur sedemikian rupa agar PT HTK tidak kehilangan pasar penyewaan kapal," ucap Alexander.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com