detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 21:35 WIB

Pedagang di Festival Seribu Utara Raup Untung Rp 17 Juta

Mega Putra Ratya - detikNews
Pedagang di Festival Seribu Utara Raup Untung Rp 17 Juta Foto: dok Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu
Jakarta - Ada yang menarik dari pagelaran Festival Seribu Utara yang diselanggarakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kepulauan Seribu. Seorang pedagang mengaku mendapat untung Rp 17 juta selama jualan di acara tersebut.

Hal itu terungkap dari video dimana panitia Festival Seribu Utara menanyakan kepada seorang ibu-ibu yang tengah menyiapkan dagangannya. "Iya Ibu Masriah, kami dari panitia Festival Seribu Utara ingin menanyakan, penghasilan ibu saat ada konser musik festival Seribu Utara dapat berapa?," tanya panitia dalam video tersebut.

"Alhamdulillah meningkat pesat, sebesar 17 juta rupiah, senang sekali," jawab Masriah dalam video tersebut.


Dengan penghasilan sebesar itu tentu acara ini mendapat dukungan dari masyarakat di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Selain untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang hadir, bisa meningkatkan pendapatan para pedagang masyarakat pulau.

"Saya berharap acara ini diadakan setahun dua kali," tutur ibu yang berjualan toko serba ada.

Dihubungi terpisah, panitia Festival Seribu Utara, Hendra membenarkan bahwa dirinya mewawancarai ibu pedagang toko serba ada itu, dan dia mengaku mendapat penghasilan 17 juta selama acara musik digelar.

"Kemarin saya coba tanya, dan secara reflek dia menjawab 17 juta. Tentu pendapatan ini meningkat tajam dibanding penghasilan sehari-hari," kata hendra saat ponselnya dihubungi, Rabu (16/10/2019).

Selain itu kata Hendra, acara ini juga mendapat respon positif dari masyarakat karena masyarakat khususnya di Pulau Kelapa bisa melihat langsung para artis Ibukota.

"Mereka senang dengan acara musik ini, karena bisa melihat artis langsung bukan hanya di televisi. Kami sebagai panitia tentu senang karena masyarakat terhibur," tegasnya.

Hendera menilai kegiatan ini selain memberikan hiburan bagi warga pulau juga mempunyai nilai positif untuk peningkatan parawisata di Pulau Seribu. Dengan banyaknya acara, maka masyarakat yang dari luar pulau selain berlibur menikmati alam juga bisa melihat acara musik.

"Dengan konsep seperti ini saya yakin jumlah wisatawan yang hadir bisa lebih banyak, sehingga target pengunjung pertahun bisa lebih meningkat lagi. Untuk kedepan mungkin acara-acara ini bisa dibuat lebih bagus dan rapih, kerjasama yang baik antar pejabat, panitia dengan masyarakat pulau," tutupnya.

Menanggapi itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengaku bersyukur karena acara yang dibuatnya bukan hanya menghibur masyarakat dan wisatawan tapi juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.


"Alhamdulillah banyak pedagang yang mendapat untung besar, ada yang mengaku mendapat 4 juta. Event serupa juga pernah kami lakukan di Pulau Pari dan Pulau Tidung, mereka juga mendapat berkah dari kegiatan yang Sudin lakukan," tegas Cucu.

Diketahui Festival Seribu Utara ini diinisasi oleh pemuda/i yang tergabung dalam karang taruna dan kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Kegiatan ini digelar untuk memajukan sektor pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisata ke wilayah Kepulauan Seribu Utara.
(ega/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com