detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 21:06 WIB

Pemprov Sulsel Selamatkan Aset-Pajak Daerah Rp 6,5 T

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Pemprov Sulsel Selamatkan Aset-Pajak Daerah Rp 6,5 T Pemprov Sulsel Selamatkan Aset-Pajak Daerah Rp 6,5 T (Foto: Istimewa)
Makassar - Pemprov Sulawesi Selatan berhasil menyelamatkan dana daerah senilai Rp 6,5 triliun lewat program penerbitan aset dan optimalisasi pajak daerah. Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan keberhasilan itu berkat kerja keras seluruh elemen.

"Alhamdulillah, ini hasil kerja bersama, sebagai komitmen kami dalam pendampingan Korsupgah KPK dan Kejati Sulsel. Kami sangat mengapresiasi setinggi tingginya kepada pihak Korsupgah KPK dan Kejati Sulsel yang telah mengawal kami selama 1 tahun pertama," ujar Sudirman dalam keterangannya, Rabu (16/10/2019).


Sementara itu, Kepala Biro Pengelolaan Barang dan Aset Daerah Pemprov Sulsel, Nurlina Lakasi, mengatakan upaya penyelamatan aset dan keuangan daerah dilakukan sejak triwulan pertama tahun 2019. Program ini melibatkan Korwil VIII Korsupgah KPK dan Kejati Sulsel.



Program itu di antaranya penertiban aset personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen (P3D), penertiban aset pemekaran, penyelesaian aset bermasalah, penertiban aset daerah berupa fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos), penertiban kendaraan dinas, dan penagihan tunggakan pajak.

"Keseluruhan total aset dan keuangan daerah yang ditertibkan mencapai Rp 6,5 triliun, keberhasilan ini tidak lepas dari peran bapak Gubernur dan Wagub Sulsel, beserta seluruh jajaran Pemprov Sulsel," pungkas Nurlina.

Salah satu bentuk upaya penertiban aset Pemprov melibatkan KPK dan Kejati Sulsel adalah upaya Pemprov Sulsel merebut kembali kawasan pusat olah raga Mattoanging. Stadion tersebut diketahui selama kurang lebih 30 tahun dikuasai Yayasan Olah Raga Sulawesi Selatan (YOSS). Saat ini proses pengambilalihan Stadion Andi Matalatta di kawasan Mattoanging masih bergulir.
(mna/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +