Gerindra: Kami Sampaikan ke Jokowi Jangan Ragu Ambil Keputusan

Gerindra: Kami Sampaikan ke Jokowi Jangan Ragu Ambil Keputusan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 16 Okt 2019 18:34 WIB
Ahmad Muzani (Lamhot Aritonang/detikcom)
Ahmad Muzani (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Seluruh kader Partai Gerindra menyerahkan keputusan masuk atau tidak ke koalisi Joko Widodo (Jokowi) kepada sang ketum, Prabowo Subianto. Lantas, bagaimana arah keputusan Prabowo saat ini?

"Pak Prabowo tadi dalam pidato mengatakan bahwa apa pun yang akan diambil kita harus untuk menyelamatkan bangsa keutuhan bangsa mau di dalam atau di luar," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di kompleks Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).


Muzani menuturkan, dalam pertemuan bersama Jokowi, pihaknya telah menyampaikan pesan agar Jokowi tak ragu dalam mengambil keputusan apakah akan menambah jumlah koalisi atau tidak. Meskipun, kata dia, Gerindra belum menentukan sikap politik ke depan.

"Kami sudah sampaikan ke Pak Jokowi, 'Pak Jokowi jangan ragu untuk ambil keputusan ini karena Bapak adalah presiden terpilih,' begitu," ujarnya.



Namun Muzani enggan menjelaskan maksud pesan tersebut. Dia hanya mengatakan, saat itu, pihaknya meminta Jokowi tak ragu dalam mengambil keputusan.

"Jangan ragu untuk ambil keputusan karena beliau adalah presiden. Kepala pemerintahan, kepala negara. Sehingga sebagai presiden dengan otoritas presidensial ini beliau harus meyakini jadi kita mendorong beliau sudah ambil yang terbaik menurut keyakinan beliau," kata Muzani.


Saat ditanya apakah pesan tersebut disampaikan karena sebelumnya ada keraguan di benak Jokowi, Muzani enggan berspekulasi. Menurutnya, jika pun ada keraguan, hal itu lantaran Jokowi belum dilantik sebagai presiden.

"Entah. Nggak, nggak, nggak tahu, bisa juga kebalikan. Ya sudah jangan ragu. Kan begitu tenang aja," ujarnya.



"(Mungkin kalau ragu) karena belum waktunya kali ya. Pak Jokowi belum dilantik jadi presiden gitu ya," imbuh Muzani.

Lebih lanjut, Muzani kembali menegaskan pihaknya siap merapat jika memang Jokowi meminta. Pihaknya, kata dia, menunggu keputusan Jokowi soal koalisi.

"(Gerindra) bersedia di dalam, bersedia di luar," sebut dia.

Seperti diketahui, hari ini Gerindra menggelar rapimnas. Dalam rapimnas tersebut, Prabowo menyampaikan 3 sikap politiknya. Salah satu sikap yang diambil adalah Prabowo menunggu keputusan Jokowi terkait koalisi. Selain itu, Prabowo siap merapat jika negara memanggil. (mae/gbr)