detikNews
2019/10/16 17:07:16 WIB

Hendak Dipakai Teroris Cirebon untuk Bikin Bom Racun, Apa Itu Abrin?

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hendak Dipakai Teroris Cirebon untuk Bikin Bom Racun, Apa Itu Abrin? Polisi menggeledah rumah terduga teroris YF yang disebut Ketua JAD Cirebon. (Sudirman Wamad/detikcom)
Jakarta - Polisi menemukan bahan-bahan yang disebut akan dipakai terduga teroris di Cirebon untuk membuat racun abrin. Racun itu nantinya hendak dijadikan bom kimia. Apa itu abrin?

Penjelasan soal fakta-fakta abrin hingga cara kerja dan penanggulangannya dijelaskan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di situsnya. CDC adalah pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat.

Dikutip dari CDC, abrin adalah racun alami yang ada pada biji tanaman rosary pea atau jequirity pea (Abrus precatorius - saga rambat). Bijinya berwarna merah dengan bintik hitam di ujungnya. Persamaan abrin dan risin adalah sama-sama berasal dari biji tanaman, tapi abrin jauh lebih beracun.



Saga rambat, yang merupakan tanaman sumber abrin, umum ditemukan di area tropis di berbagai bagian dunia. Terkadang, tanaman itu dipakai untuk penyembuhan herbal. Ada penelitian medis yang menelisik potensi abrin untuk membunuh sel kanker. Mengutip CDC, abrin belum pernah dipakai dalam perang maupun aksi terorisme.

Abrin hanya bisa diambil dari tanaman saga rambat dan dipakai untuk meracuni orang secara sengaja. Paparan tanpa kesengajaan sangat tidak mungkin.



Bagaimana abrin bisa masuk ke tubuh seseorang?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com