detikNews
2019/10/16 14:25:32 WIB

BPIP: Ada ASN yang Tak Setuju Pancasila

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 2
BPIP: Ada ASN yang Tak Setuju Pancasila Plt Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Haryono (Rolando/detikcom)
Jakarta - Plt Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Haryono menyebut ada sejumlah aparatur sipil negara (ASN) yang tidak suka dengan Pancasila. Hal itu, menurut Haryono, menjadi tantangan tersendiri bagi BPIP.

"Maka hasil riset beberapa lembaga, teman-teman di ASN, banyak yang tidak suka Pancasila. Ini kan tantangan. Kan lucu, sebagai aparatur negara tapi dia tidak setuju Pancasila," kata Haryono kepada wartawan di Merlynn Hotel, Jalan KH Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

Menurut Haryono, Pancasila telah final sebagai dasar negara. Namun untuk cita-cita belum final dan harus diperjuangkan.



"Pancasila sebagai sebuah dasar negara itu sudah final. Tapi, kalau sebagai sebuah cita-cita bangsa, itu belum final, makanya kita perjuangkan bersama supaya tujuan berbangsa kita juga," ujarnya.

"Haryono menduga adanya ASN yang tidak suka Pancasila karena pelajaran Pancasila tidak wajib di sekolah pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, kurangnya kajian Pancasila di ruang publik," ujarnya.

"Karena sejak 1998 sampai 2016 Pancasila kan nggak wajib di pendidikan dasar dan perguruan tinggi. Demikian juga pengaruh siraman Pancasila di lingkungan publik, termasuk di pemerintahan itu relatif kurang," sebut Haryono.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com