detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 14:13 WIB

Barbuk Sabu Sedikit, Mantan Atlet Sepeda Direhabilitasi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Barbuk Sabu Sedikit, Mantan Atlet Sepeda Direhabilitasi Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Pusat menyerahkan mantan atlet balap sepeda bernama Ferry ke rumah sakit untuk direhabilitasi. Alasan Ferry direhab, barang bukti yang ada di tangan Ferry berjumlah sedikit atau di bawah 1 gram.

"Ini sekarang tindak lanjutnya karena kami mengikuti peraturan bersama, jadi dia (Ferry) sebatas pengguna dan barbuknya sedikit. Kami kirim ke Rumah Sakit Bhayangkara Lemdiklat yang di Pasar Jumat," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Afandi Eka kepada detikcom, Rabu, (16/10/2019).



Aturan terkait batasan kadar narkoba ini tercantum dalam Surat Edaran Mahkamah Agung No 4 Tahun 2010 tentang Penempatan Penyalahgunaan, Korban Penyalahgunaan, dan Pecandu Narkotika ke dalam Lembaga Rehabilitasi Medis dan Rehabilitasi Sosial. Jika pemakai kedapatan menyimpan sabu di bawah 1 gram, akan direhabilitasi.

Kembali ke Afandi, dia mengatakan pihaknya sudah menyerahkan Ferry ke rumah sakit pada Senin (14/10) kemarin.

"Kemarin sudah kami kirim ke rehab, dua hari lalu," ungkap Afandi.



Diketahui, Ferry ditangkap di sebuah hotel di wilayah Jakarta Timur pada 11 Oktober 2019. Dia ditangkap seorang diri. Dari tangan Ferry, polisi menyita barang bukti sabu seberat 0,2 gram dan alat isap sabu. Hasil tes urine Ferry menunjukkan dia positif menggunakan sabu.

Ferry mengaku hanya dua kali menggunakan narkotika jenis sabu itu. Alasan menggunakan sabu, Ferry sedang tidak ada pekerjaan.

"(Alasan gunakan narkotika) dia bilang sudah mulai job sedikit, pemasukan berkurang, mungkin dia agak-agak stres kali ya," pungkas Afandi.



Tonton juga video Diduga Edarkan Sabu Jaringan Lapas Kendari, 3 Mahasiswa Diamankan!:

[Gambas:Video 20detik]




(sam/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com