detikNews
2019/10/16 10:52:46 WIB

Mendikbud Tinjau Sekolah di Wamena yang Rusak karena Kerusuhan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mendikbud Tinjau Sekolah di Wamena yang Rusak karena Kerusuhan Momen Mendikbud Muhadjir Effendy meninjau sekolah di Wamena, Papua Foto: Farih Maulana/detikcom
Wamena - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau langsung sekolah-sekolah di Wamena, Papua, yang rusak akibat kerusuhan beberapa waktu lalu.

Ada sejumlah sekolah yang dikunjungi Muhadjir. Dia mengawali kunjungannya ke SMP Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) di Wamena, Papua, Rabu (16/10/2019) pagi. Dia didampingi Bupati Jayawijaya John Ricard Banua.

Kedatangan Muhadjir dan rombongan disambut Kepala Sekolah SMP YPPK Theresia Mandaung. Muhadjir kemudian mengajaknya berbincang menanyakan bagaimana kronologi kejadian pengrusakan dan fasilitas sekolah apa saja yang dirusak saat terjadi kerusuhan di Wamena.

Momen Mendikbud Muhadjir Effendy meninjau sekolah di Wamena, PapuaMomen Mendikbud Muhadjir Effendy meninjau sekolah di Wamena, Papua Foto: Farih Maulana/detikcom

"Bagaimana kejadiannya? Apa yang dirusak?," tanya Muhadjir.


"Waktu itu kita di sekolah murid-murid sudah tidak ada yang di sekolah. Saat itu tiba-tiba ada kelompok orang masuk, merusak ruang guru mereka membakar itu," jawab Theresia.

Akibat kejadian tersebut, Theresia mengatakan hingga saat ini aktivitas belajar mengajar masih belum dapat dilakukan. Menurutnya, siswa dan guru di sekolah masih khawatir terjadi ada penyerangan susulan.

"Sampai sekarang kegiatan belajar mengajar belum dimulai karena masih khawatir ada penyerangan dan penjarahan ke sekolah. Berharap pengamanan dari aparat diperketat dan berjaga di setiap sudut sekolah," katanya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com