detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 10:32 WIB

Bantu Adiknya Jadi Anggota Teroris ISIS, Warga Ragunan Dibui 3 Tahun

Andi Saputra - detikNews
Bantu Adiknya Jadi Anggota Teroris ISIS, Warga Ragunan Dibui 3 Tahun
Jakarta - Warga Ragunan, Jakarta Selatan, Mohamad Okasa alias Oka alias Abu Fiqh penjara dihukum 3 tahun. Okasa terbukti membantu adiknya, Ade Rahmat menjadi anggota teroris ISIS.

Kasus bermula saat Ade Rahmat izin ke Okasa untuk berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS pada 2015. Okasa kemudian mengantarkan Ade ke Bandara Soekarno-Hatta.Ade Rahmat kemudian menitipkan KTP, buku nikah, buku tabungan bank, buku Jamsostek dan Karta Keluarganya ke Okasa.

Setelah sampai di Suriah, Ade terus berhubungan dengan Okasa. Seperti mengabarkan Rofik, Irsya dan Noval (anak Rofik) mati saat menjadi teroris ISIS ketika menjaga perbatasan Suriah. Selain itu, Ade juga meminta dikirimi uang dari Okasa, yaitu uang yang ada di tabungannya sepanjang akhir 2017 hingga awal 2018. Yaitu sebesar:
- Rp 4,3 juta.
- RP 1,4 juta.
- Rp 3 juta.
- Rp 10 juta.
- Rp 2 juta.
- Rp 7 juta.
- Rp 5,3 juta.
- Rp 1 juta.
- Rp 2 juta.
- Rp 5 juta.
- Rp 10 juta.
- Rp 7 jua.
- Rp 2,1 juta.

Transfer uang itu diendus aparat sehingga Okasa ditangkap. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Okasa duduk di kursi pesakitan.

Pada 8 Agustus 2019, Okasa dijatuhi hukuman 3 tahun penjara. Okasa dinyatakan terbukti melakukan perbantuan memberikan dana baik langsung maupun tidak langsung dengan maksud digunakan sebagian untuk melakukan tindak pidana terorisme. Jaksa tidak terima dan mengajukan banding karena berharap Okasa dihukum 5 tahun penjara.

Apa kata Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta?

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat Nomor 792/Pid.Sus/2019/PN.Jkt.Brt," putus majelis tinggi sebagaimaan dilansir website MA, Rabu (16/10/2019). Duduk sebagai ketua majelis Gatot Supramono dengan anggota I Nyoman Sutama dan Hidayat.




Tonton juga video Militer Turki Serang Suriah Utara, Tahanan Milisi ISIS Kabur:


(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com