detikNews
2019/10/16 10:10:41 WIB

Irshad Ahmad, Sosok 'Habib' di Kasus Penganiayaan Ninoy Buka Suara

Tim detikcom - detikNews
Halaman 3 dari 4
Irshad Ahmad, Sosok Habib di Kasus Penganiayaan Ninoy Buka Suara Tersangka penganiaya Ninoy Karundeng Irshad Ahmad (Foto: dok. detikcom)

Bantah Rancang Penganiayaan ke Ninoy

Dalam kesempatan ini, Irshad membantah segala tudingan soal perencanaan pembunuhan hingga provokasi massa terhadap relawan Joko Widodo itu. "Oh saya bantah banget itu, saya bilang itu fitnah," kata Irshad.

Irshad mengklaim dirinya bersama orang-orang di dalam Masjid Al-Falaah, Pejompongan, Jakarta Pusat, saat itu justru menyelamatkan Ninoy. Ninoy saat itu diamuk oleh massa karena dituduh sebagai penyusup.

"Karena kan kita menyelamatkan dia juga, karena kan dia punya anak, ya kan. Kalau kita mau, kita keluarin saja dia. Kalau mau eksekusi dia, kenapa nggak kita serahkan ke luar (ke massa) saja kalau mau ya," jelas Irshad.



Pria keturunan Pakistan itu juga mengklarifikasi soal ambulans yang disebut-sebut disiapkan untuk mengangkut jenazah Ninoy. Menurutnya, pada saat itu ambulans memang ada di masjid, namun itu disiapkan untuk mengangkut korban demo yang terkena gas air mata.

"Ini klarifikasi ya, kalau ambulans itu ada, bukan ambulans untuk eksekusi dia, bukan. Ambulans itu--(saya) ngomong waktu ada korban (demo) waktu ada ambulans--ini kan banyak berjatuhan korban gitu, oksigen juga kurang," tuturnya.

Irshad juga membantah pernyataan Ninoy yang dianggap punya kendali atas massa. Irshad mengaku tidak pernah memberi perintah apa pun kepada massa.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com