detikNews
2019/10/16 07:32:35 WIB

Round-Up

Zhongtong Dicerca, Zhongtong Dibela

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Zhongtong Dicerca, Zhongtong Dibela Foto: Bus TransJakarta merek Zhongtong (Wilda/detikcom)
Jakarta - Bus TransJakarta merek Zhongtong kembali mengaspal di jalanan Jakarta setelah lika-liku proses sejak 2013. Jika dulu bus Zhongtong pernah 'dicerca' karena kontroversinya, kini Zhongtong dibela oleh operatornya.

Sorotan-sorotan terhadap bus Zhongtong di antaranya adalah pada tahun 2015. Mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono dihukum 13 tahun penjara dalam kasus pengadaan bus TransJakarta pada tahun 2012 dan 2013. Bus tersebut adalah Zhongtong.

Nama bus Zhongtong juga jadi sorotan karena insiden bus TransJakarta terbakar pada Maret 2015. Saat itu, bus yang terbakar disebut bermerek Zhongtong.


Deretan masalah yang mengiringi bus Zhongtong pernah membuat Ahok kapok. Saat menjabat sebagai Gubernur DKI, Ahok mengatakan produk Zhongtong itu tak jelas. Bahkan dia menyarankan mestinya yang dibeli adalah merek terkenal saja.

"Lo gila belum pernah denger motor merek Ahok tiba-tiba mau kamu beli. Harganya beda sedikit pula. Nah TransJakarta itu berani tuh beli itu. Nggak jelas. Saya baru denger nama Zhong Tong dulu kan, Wei Chai gitu lho. Kenapa gak beli Mercedes Benz gitu lho," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (4/8/2015).


Zhongtong Dicerca, Zhongtong DibelaFoto: Bus TransJakarta merek Zhongtong (Wilda/detikcom)


Empat tahun berlalu, sekarang ada lagi bus Zhongtong yang lalu lalang di Jakarta. Kini, kualitas bus itu dibela oleh operatornya, Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com