detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 21:58 WIB

Ma'ruf Amin: Saya Ketum MUI Nonaktif Hingga Munas

Tsarina Maharani - detikNews
Maruf Amin: Saya Ketum MUI Nonaktif Hingga Munas Ma'ruf Amin (berbaju putih) (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin menyatakan dirinya hingga kini berstatus sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif. Ia mengaku bakal menjabat hingga MUI menggelar Munas pada 2020.

"Karena tugas-tugas saya sebagai Wapres maka saya Ketum nonaktif dulu. Sampai nanti di Munas saya bertanggung jawab sebagai Ketum dalam mandataris Munas," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).


Dia menjelaskan jabatannya sebagai Ketum MUI nonaktif dan statusnya sebagai Wapres terpilih tidak menyalahi aturan. Sebab, lanjut Ma'ruf, ia terpilih sebagai wapres setelah menjabat sebagai Ketum MUI dan bukan sebaliknya.

"Ada juga pihak-pihak yang menganggap itu menyimpang dari AD/ART. Tapi setelah kita bahas itu tidak menyimpang. Tidak. Yang tidak boleh itu jadi ketum dia menjabat. Nah, kalau saya ini kan jadi ketua umum baru menjabat. Beda," jelasnya.

Ma'ruf akan dilantik sebagai wakil presiden mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (20/10). Acara pelantikan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pukul 14.30 WIB.
(tsa/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com