detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 20:42 WIB

Puluhan Petugas Gabungan Bersihkan Sampah Bambu di Kali Cikeas Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Puluhan Petugas Gabungan Bersihkan Sampah Bambu di Kali Cikeas Bekasi Foto: Sampah di Sungai Cikeas (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Sungai Cikeas Bekasi dipenuhi tumpukan sampah gelondongan bambu beberapa hari terakhir ini. Sesuai janjinya, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Bekasi turun ke Sungai Cikeas untuk membersihkan sampah tersebut.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekas Masriwati mengatakan panjang tumpukan sampah bambu itu sekitar 160 meter dengan lebar 8 meter.

"Sekitar 1.200 meter kubik ya," ujar Masriwati di lokasi, Selasa (15/10/2019).

Sebanyak 100 personil gabungan turut berpartisipasi, di antaranya Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, TNI, kepolisian, serta komunitas pecinta lingkungan.

Pengangkatan sampah dilakukan secara manual. Petugas masih mengupayakan pembersihan dengan menggunakan alat berat.

"Kita pengennya bisa pakai alat berat, diupayakan perizinan untuk masuk alat beratnya," ujarnya.

Masriwati mengatakan mayoritas sampah di Sungai Cikeas adalah sampah jenis bambu, sisanya sampah rumah tangga. Masriwati menyebut sampah berasal dari hulu.

"Bukan diduga memang datang dari hulu. Nyangkut di Bendung (koja), (sampah dari) Kabupaten Bogor, Kota Depok nyangkutnya di Bekasi," ujarnya.



Sementara Kasi Pengendalian Pencemaran Air dan Udara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Hera Hendayani mengatakan penanganan sampah bambu di Sungai Cikeas mesti dari hulu. Ia menyarankan pembuatan tanggul di sekitar Sungai Cikeas agar bambu tak jatuh dan menumpuk ke dalam sungai.

"Ini memang kebiasaan dari masyarakatnya itu kita harus mengedukasi masyarakat, masyarakat harus diberikan pengertian terkait bambu ini. Tidak hanya memanfaatkan, kalau sudah tidak dimanfaatkan kemudian dibiarkan begitu saja di pinggir sungai. Menurut saya harus ada perlakuan di sungainya mungkin bisa dibuat tanggul, sehingga sampah-sampah bambu yang ada di pinggir tidak masuk ke dalam sungai," ujar Hera.

Pantauan detikcom di Bendungan Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa (15/10) siang tampak puluhan petugas membersihkan Sungai Cikeas. Mereka mengenakan pelampung berwarna orange.

Pembersihan kali dikerjakan secara manual. Sejumlah petugas tampak memotong bambu dengan mesin pemotong kayu. Petugas lainya tampak mengangkat bambu ke pinggir kali

Tampak sekitar 5 truk telah stand by di tepi kali. Sejumlah petugas mengangkat bambu ke bak truk.





(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com