detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 10:49 WIB

DPRD Yakin Pembahasan APBD DKI 2020 Selesai Bulan Depan

Arief Ikhsanudin - detikNews
DPRD Yakin Pembahasan APBD DKI 2020 Selesai Bulan Depan M Taufik (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta yakin bisa segera menyelesaikan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020. Pembahasan akan dimulai pekan depan.

"Kelar. Minggu depan sudah mulai (pembahasan). Minggu ini AKD (Alat Kelengkapan Dewan), minggu depan sudah mulai," ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik saat dihubungi, Senin (14/10/2019).


Diketahui, batas akhir pengesahan APBD adalah 30 November 2019. Bagi Taufik, waktu sisa satu setengah bulan bukan berarti pembahasan dilakukan terburu-buru.

"Nggak (terburu-buru) lah, cukup waktunya sebulan itu. Maraton saja. Cukup lah," kata Taufik.



Taufik yakin pembahasan APBD 2020 tidak dilakukan secara sembarangan. Jika masyarakat ragu, mereka bisa mengawasi langsung pembahasan.

"Kan pembahasan terbuka untuk umum, datang saja. Wartawan boleh datang, LSM boleh datang," ucap Taufik.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta DPRD DKI mempercepat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020. Anies berharap RAPBD 2020 rampung pada akhir November 2019.

"Ya semoga kelengkapan Dewan semoga bisa kita tuntas lalu pembahasan yang mendesak sebelum tanggal 30 November, RAPBD 2020 harus sudah selesai," ucap Anies kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (14/10)

Menurut Anies, batas akhir APBD 2020 merupakan ketentuan Kementerian Dalam Negeri. Jadi mau tidak mau harus diselesaikan segera.

"Itu deadline dari Kementerian Dalam Negeri," ucap Anies.
(aik/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com