detikNews
2019/10/15 10:11:36 WIB

KPK OTT Bupati Indramayu 2 Hari Sebelum UU Baru Berlaku

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
KPK OTT Bupati Indramayu 2 Hari Sebelum UU Baru Berlaku Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Di tengah kekhawatiran mengenai pelemahan, KPK masih gencar melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Terbaru adalah Bupati Indramayu Supendi, yang ditangkap dinihari tadi. Namun perlu diingat, KPK melakukan OTT itu ketika masih beroperasi menggunakan undang-undang lama.

Penangkapan Supendi dilakukan di Indramayu sekitar pukul 03.00 WIB, Selasa (15/10/2019). Total ada delapan orang yang ditangkap tim KPK.

"Unsurnya Bupati, ajudan, pegawai, rekanan, dan Kepala Dinas dan beberapa pejabat Dinas PU lain," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (15/10/2019).

Saat ini, ada lima orang yang sudah dibawa ke gedung KPK Jakarta untuk diperiksa secara intensif. Selain itu, KPK menyita duit ratusan juta rupiah dalam OTT ini.

"Uang sekitar seratusan juta," tuturnya.

Kedelapan orang yang kena OTT tersebut masih berstatus terperiksa. KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

KPK memang masih 'ganas'. Hal itu tak terlepas dari kewenangan penindakannya yang masih utuh karena UU KPK baru hasil revisi, yang dianggap dilakukan secara diam-diam, belum berlaku.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com