detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 03:22 WIB

BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat di 14-16 Oktober

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat di 14-16 Oktober BMKG (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan, dalam kurun 14-16 Oktober 2019, beberapa wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Berikut ini datanya.

Dalam keterangan tertulis, Selasa (15/10/2019), BMKG mengamati adanya gelombang atmosfer Rossby Sumatera bagian utara sehingga dapat memperkuat angin timuran. Konvergensi memanjang dari Sumatera Selatan hingga Pesisir Barat Aceh dan dari Laut Natuna Utara hingga Thailand.


"Dari pantauan BMKG terjadi potensi hujan lebat pada 14 Oktober 2019 di Wilayah Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua Barat. Sementara untuk esok harinya 15 Oktober 2019 berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, dan Maluku," tulis BMKG dalam keterangannya.

"Pada 16 Oktober 2019, wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat," demikian keterangan BMKG.


BMKG menyebut hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpotensi melanda wilayah Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, dan Papua. Kondisi ini, kata BMKG, masih berlangsung hingga 15 Oktober 2019 di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Papua.

"Untuk wilayah Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada 16 Oktober 2019," tulis BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruangan. Masyarakat diimbau mempersiapkan diri dalam mengantisipasi hujan.




Simak juga video BMKG Prediksi Musim Kemarau Berlangsung Sampai November:

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com