detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 20:26 WIB

Kasus Rizal Djalil, Ada 2 Pegawai BPK Kembalikan Rp 700 Juta ke KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kasus Rizal Djalil, Ada 2 Pegawai BPK Kembalikan Rp 700 Juta ke KPK Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dua pegawai BPK disebut mengembalikan uang ke KPK berkaitan dengan kasus dugaan suap proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kementerian PUPR yang menjerat Anggota BPK Rizal Djalil. Total uang yang dikembalikan Rp 700 juta.

"Jadi ada 2 pegawai BPK RI yang mengembalikan uang dengan nilai total Rp 700 juta. Uang sudah sita dan tentu masuk berkas perkara," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).




Febri tak menjelaskan identitas kedua pegawai BPK itu. Febri menduga uang tersebut berasal dari PT WKE (Wijaya Kusuma Emindo).

"Diduga sumber uang dari PT WKE yang cukup banyak tangani proyek SPAM melalui pihak lain. Jadi duga pemberinya dari pihak PT WKE diberikan pihak lain termasuk pegawai BPK ini," ucapnya.

"Pengembalian uang ini dalam rentang Maret, April, Juni 2019," imbuhnya.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan anggota BPK Rizal Djalil bersama Komisaris PT MD Leonardo Jusminarta Prasetyo sebagai tersangka. Kedua dijerat dalam pengembangan kasus yang berawal dari OTT pada 2018.




Rizal diduga mengatur agar PT MD mendapatkan proyek di lingkungan Direktorat SPAM, yaitu proyek SPAM Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hungaria dengan pagu anggaran Rp 79,27 miliar.

Rizal diduga mendapat suap SGD 100 ribu. KPK pada awalnya menjerat 8 orang sebagai tersangka. Kedelapan orang itu saat ini sudah divonis bersalah menerima dan/atau memberikan suap.


Simak juga video "Usai Diperiksa KPK, Rizal Djalil: Tak Ada Perubahan Laporan SPAM" :

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com