detikNews
2019/10/14 19:44:59 WIB

Kasus Korupsi Pelabuhan, Eks Bupati Seruyan Dicegah KPK ke Luar Negeri

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kasus Korupsi Pelabuhan, Eks Bupati Seruyan Dicegah KPK ke Luar Negeri Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Mantan Bupati Seruyan, Darwan Ali, telah dimintakan KPK untuk dicegah bepergian ke luar negeri berkaitan dengan kasus korupsi yang menjeratnya. Darwan diduga KPK melakukan korupsi terkait pengadaan proyek pembangunan pelabuhan semasa menjadi bupati di salah satu wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng).

"KPK telah mengirimkan surat ke Imigrasi untuk melakukan pelarangan ke luar negeri," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dalam konferensi pers di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).




Permintaan itu disampaikan KPK terhitung pada 15 Agustus 2019. Selain untuk Darwan, KPK juga meminta hal serupa dilakukan untuk Tju Miming Aprilyanto selaku Direktur PT Swa Karya Jaya (SKJ).

"Selain itu telah dilakukan penggeledahan di rumah tersangka DAL (Darwan Ali) di Tebet, Jakarta Selatan dan menyita beberapa dokumen terkait perkara," ucap Febri.

Setidaknya menurut Febri sudah ada 32 saksi yang telah diperiksa dalam kasus ini. Para saksi itu terdiri dari sejumlah kepala dinas hingga anggota DPRD Kabupaten Seruyan serta pihak swasta.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com