detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 19:19 WIB

Pengalaman Tiga Tahun Kirim Barang Pakai Deliveree

Content Promotion - detikNews
Pengalaman Tiga Tahun Kirim Barang Pakai Deliveree Foto: Deliveree
Jakarta - Logistik merupakan hal yang sangat kompleks dan rumit. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia logistik pasti sudah tahu seberapa ribetnya memastikan barang atau kargo yang ingin dikirimkan tiba dengan selamat di lokasi tujuan. Banyak faktor yang dapat membuat proses ini berhasil, ataupun gagal.

Untuk mencoba mengurangi pening-nya mengurus masalah logistik dan pengiriman barang, kami mencoba mencari penyedia layanan logistik yang dapat memenuhi kebutuhan kami. Setelah mencoba beberapa provider, akhirnya kami pun tertambat pada Deliveree. Berikut kisah review Deliveree Indonesia dari kami.

Di Topco Trading, kami telah memulai pengalaman Deliveree selama lebih dari 3 tahun untuk pengiriman kepada pelanggan dan distributor manufaktur kami di seluruh Jawa. Pertama, sedikit tentang kami.

Pengalaman Tiga Tahun Kirim Barang Pakai DelivereeFoto: Deliveree


Topco adalah anak perusahaan dari salah satu produsen silikon terbesar di Asia dan importir khusus berskala besar untuk Indonesia. Rata-rata, kami mengirimkan 3500 kg silikon setiap bulan kepada pelanggan dan distributor manufaktur Indonesia kami setiap bulan.

Kami mulai kisah pengalaman Deliveree pada tahun 2016 ketika mereka masih baru di Indonesia, dan ingin tahu apa saja kelebihan Deliveree daripada perusahaan logistik lainnya. Alasan utama kami beralih ke mereka adalah karena mereka memiliki model pemesanan yang fleksibel yang memungkinkan kami untuk menaikkan dan menurunkan volume pemesanan kami berdasarkan siklus bisnis kami tanpa biaya yang terbuang sia-sia.

Ditambah lagi mereka menangani pengembalian POD ke kantor kami pada hari berikutnya dengan harga terjangkau, suatu hal yang hampir tidak dilakukan oleh perusahaan angkutan truk lain.

Pilihan truk yang beragam juga menjadi alasan mengapa kami suka review Deliveree Indonesia. Mereka memiliki banyak pilihan mulai dari armada yang sangat kecil seperti mobil ekonomi hingga truk berat seperti Double Engkel dan Fuso.

Seringkali, perusahaan kami memesan Double Engkel (mereka menyebutnya CDD), truk Fuso (mereka menyebutnya Fuso Berat), dan juga City Car (mereka menyebutnya Ekonomi) yang kami pesan hanya saat membutuhkan pengiriman skala kecil yang tidak dapat digabungkan dengan pengiriman skala besar di menit terakhir.

Berdasarkan pengalaman Deliveree yang telah kami alami, perusahaan ini memungkinkan kami mendapatkan CDD Bak 3 Way yang sangat langka. Kami telah mencari provider yang dapat memenuhi kebutuhan kami dan memberi kami harga yang bagus. Saya rasa Deliveree memiliki semuanya, karena selain menyediakan apa yang kita butuhkan, mereka juga menjanjikan ketersedian jenis armada ini dengan menawarkan layanan khusus.

Berikut adalah Deliveree review yang kami buat.

Harga
Kami menggunakan Deliveree selama 3 tahun dan sudah hampir 4 tahun. Dari pengalaman Deliveree kami, kelebihan Deliveree harga mereka cukup masuk akal. Ada banyak penawaran menarik yang ditawarkan kepada kami, ini sangat menguntungkan untuk perusahaan perdagangan seperti kami yang mengirimkan barang dengan skala besar, dimana hal tersebut menjadi bagian kelebihan Deliveree.

Pemilihan kendaraan
Kami biasanya memesan kendaraan jenis Ekonomi, Van, Box Kecil, CDE dan CDD. Tapi Box Kecil dan CDE masih menjadi favorit kami. Kelebihan Deliveree lainnya, pilihan armadanya sangat banyak sehingga sebagian besar Deliveree review banyak menuai perhatian pebisnis. Saat awal kami bekerjasama dengan Deliveree, pilihan armadanya terbatas. Berdasarkan dari Deliveree review, hingga sekarang, mereka memiliki berbagai jenis armada yang mendukung pelanggan seperti kami. Pelanggan tidak perlu khawatir apakah mereka akan mendapatkan armada atau tidak. Hampir 90% dari pemesanan saya, saya selalu mendapatkan armada terutama ketika saya memesan armada beberapa hari sebelum waktu penjemputan.

Saya ingat pengalaman Deliveree waktu itu ada pilihan sepeda motor, sangat disayangkan jika armada tersebut tidak tersedia lagi karena terkadang saya perlu mengirim paket atau barang kecil (1 kotak atau 1 botol 10 liter). Oleh karena itu saya harus memesan mobil untuk paket dan barang kecil ini, yang seharusnya bisa diangkut dengan sepeda motor. Saya pikir motor juga memiliki kelebihan lain karena bisa mengantarkan POD yang mana, kompetitor yang lainnya tidak memiliki layanan ini.

Area Pelayanan
Saya biasanya mengirim barang ke Tangerang, Bekasi, Serang, Cikarang, Karawang, Bogor dan Balaraja. Kadang saya juga mengirim barang ke Bandung, tetapi dari segi harga masih lebih mahal dibanding ekspedisi. Pengalaman Deliveree saya menyimpulkan jika muatan penuh maka harganya sama, tetapi jika kita hanya muat sebagian, harga pengiriman jadi lebih mahal.

Saat saya mengirim barang ke luar Jakarta seperti Bandung, saya merasa agak khawatir apakah pengemudi bisa tiba di tujuan sebelum jam 4 sore. Pernah beberapa dari pengalaman Deliveree kami, ketika itu pelanggan kami tidak ingin menerima barang, pengemudi harus menginap dan saya tidak tahu apakah Deliveree memiliki SOP untuk menangani hal itu.

Saya juga tidak begitu tahu Review Deliveree Indonesia, apakah mereka memiliki ketentuan harga yang jelas untuk situasi seperti diatas. Berbeda dari wilayah Jabodetabek, dimana semuanya jelas dan seluruh wilayah Jabodetabek telah dicakup oleh Deliveree.

Pengalaman Pemesanan
Deliveree review saya selanjutnya adalah aplikasi ini sangat ramah pengguna. Para pengguna pertama tidak akan menemui kesulitan tentang Deliveree dan penggunaan aplikasinya karena langkah-langkahnya jelas. Selain itu, ada "Pesan Ulang" di bagian Riwayat untuk membuat pemesanan yang sama jadi lebih mudah, karena kita tidak perlu mencari titik pengambilan dan tujuan dari awal.

Bagian yang cukup sulit dalam pengalaman Deliveree saya selama ini adalah saat aplikasi sedang mencari pengemudi untuk pemesanan kami. Aplikasi akan mencari pengemudi secara otomatis selama kurang lebih 15 menit, tetapi setelah 15 menit nomor pemesanan hilang saat pemesanan saya masih aktif. Jika saya boleh memberikan saran, nomor pemesanan harus selalu muncul meskipun tidak ada pengemudi yang menerima pemesanan & waktu 'mencari pengemudi' bisa lebih lama.

Pengalaman Tiga Tahun Kirim Barang Pakai DelivereeFoto: Deliveree


Fitur lain yang biasa saya gunakan dalam aplikasi adalah Export Excel. Ini fitur hebat untuk mengekspor data Anda. Saya memerlukan fitur ini untuk mencocokkan pemesanan dengan tagihan yang kami terima setiap bulan. Jika saya mencari ID pemesanan di aplikasi, itu akan sangat lama untuk mencari semua pemesanan yang kami miliki dalam sebulan it.Fitur "Export Excel" sangat membantu mencari rincian penggunaan setiap pemesanan kami, sungguh ini salah satu alasan saya membuat Deliveree review ini, karena banyak kemudahan yang ditawarkan.

Jika saya tidak salah, awal tahun ini review Deliveree Indonesia akan semakin meningkat karena mereka akan memiliki update besar-besaran pada aplikasi mereka, maka dari itu tim bisnis Deliveree mengunjungi kantor kami untuk memberikan training terbaru. Kesan dari tim trainer Deliveree sangat positif, ini menunjukkan bahwa Deliveree menaruh perhatian terhadap pelanggan.

Pengalaman Customer Service
CS sangat membantu dan responsif. Pada waktu tertentu, ada kendala yang membutuhkan investigasi dan CS perlu menghubungi pengemudi untuk menanyakan sesuatu. CS senantiasa menghubungi saya kembali untuk memberikan jawaban terkait pertanyaan saya. Ini jadi sangat penting, saat GPS pengemudi tidak aktif atau mengalami gangguan dan saya tidak tahu lokasi pengemudi. Atau terkadang pengemudi tidak menjawab telepon saya, disaat itulah CS selalu membantu saya.

Biasanya CS provider lain tidak pernah memberikan follow up atau update kepada pelanggan, namun CS Deliveree sangatlah sopan dan cara mereka berbicara juga profesional. Informasi yang diberikan juga singkat, padat, dan cepat ketika menjawab pertanyaan pelanggan (mereka tidak membuang waktu saya).

Yang paling saya sukai saat menelepon ke Deliveree, mereka selalu menjawab dan tak butuh waktu lama. Ini sangat bagus ya, karena kadang-kadang kita harus telepon CS untuk masalah yang mendesak, kelebihan Deliveree dan pelayanan CSnya selalu membuat saya merasa nyaman. Anda mungkin juga tak mau menunggu lama untuk CS merespon kendala yang mendesak kan?

Pengiriman Pengemudi
Pengemudi sudah tahu apa yang harus mereka lakukan, sehingga pelanggan tidak perlu menjelaskan hal yang sama berulang. Akan sulit dan melelahkan jika harus mengulangi hal yang sama seperti menjelaskan proses bongkar muat disaat ke pengemudi yang berbeda. Ada pengemudi yang memiliki banyak akal, terkadang saya lupa atau tidak tahu apakah di tempat tujuan menyediakan TKBM atau tidak, makanya saya biasanya tidak memesan kenek di aplikasi.

Tapi pengemudi Deliveree punya inisiatif untuk memecahkan masalah ini (mungkin memakai TKBM dan bisa diganti biayanya). Untuk perusahaan yang hanya memiliki satu admin seperti saya, akan sangat membantu jika mendapatkan pengemudi yang cekatan. Saya dapat mengerjakan hal-hal lain tanpa harus memonitor pemesanan setiap saat.

Pernah satu kali pengemudi salah mengirimkan barang, barang tersebut seharusnya diantar ke lokasi pertama tetapi pengemudi menurunkannya di lokasi kedua. Untungnya pengemudi mau kembali dan mengantarkan (tidak apa-apa jika pengemudi melakukan kesalahan selama mereka bertanggung jawab).

Saya biasanya membuat pemesanan terjadwal, tetapi ada kalanya pengemudi membatalkan pemesanan di menit-menit terakhir. Saya berharap pengemudi dapat berpikir dua kali sebelum mengambil pesanan, jika pesanan dibatalkan pengemudi maka akan merepotkan pelanggan karena tidak ada jaminan apakah kami bisa mendapatkan pengemudi lain.

Ada juga pengemudi yang terlambat. Jika mereka terlambat setengah jam maka tidak apa-apa karena ini adalah Jakarta dan ini wajar jika pengemudi terjebak macet. Suatu hari, pengemudi saya terlambat hampir 2 jam, saya lupa apa alasannya tetapi kejadian seperti ini benar-benar mengganggu jadwal pengiriman. Terkadang ada juga pengemudi yang selalu bertanya tentang alamat tujuan saat saya adalah si pengirim dan tidak pernah ke lokasi tujuan. Pengemudi seharusnya menghubungi dan bertanya ke penerima agar lebih jelas.

Fitur Keren Lainnya di Deliveree
Fitur yang paling membantu dan mendapat banyak respon positif baik dari saya atau beberapa rekan saya yang sudah memberi review Deliveree Indonesia yaitu di aplikasi Deliveree adalah layanan Kirim Balik dan layanan POD. Kirim Balik sangat berguna jika pengemudi gagal mengantarkan barang (bukan dari kesalahan sopir btw) dan barang harus dikembalikan ke lokasi penjemputan. Ini pernah terjadi saat liburan lebaran, saya mengirim barang dan ternyata penerima masih liburan (penerima tidak memberi tahu saya), jadi pengemudi harus kembali ke gudang dan kami harus menjadwal ulang waktu pengiriman.

Fungsi layanan POD juga sangat bagus, karena DO yang telah ditandatangani oleh penerima harus dikembalikan untuk faktur. Selama ini Deliveree mengembalikan DO kami 2 atau 3 hari setelah pengiriman & bahkan mengembalikannya di hari yang sama jika tujuannya dekat dengan gudang kami. Pengalaman layanan POD cukup beragam, kadang saya mendapat DO yang belum ditandatangani oleh penerima, tetapi untungnya Deliveree selalu bertanggung jawab dan mengandalkan kurir mereka untuk meminta tanda tangan (bagus sekali karena kami tidak perlu menyuruh kurir kami), inilah yang selalu membuat saya berkenan memberikan Deliveree review, khususnya pada sesama pengusaha.

Pengalaman lain saat saya mengirim barang dengan dua lokasi, DO juga seharusnya berjumlah dua, tetapi pada saat itu hanya satu DO yang saya dapatkan. Saya pikir mungkin pengemudinya masih baru atau tidak terlalu memperhatikan. Shadow Fleet Deliveree sangat cepat untuk menangani masalah seperti ini. Tapi saya pikir masalah semacam ini tidak akan sering terjadi, karena pengemudi Deliveree mendapatkan pelatihan yang baik.

Untuk pilihan Pilih Pengemudi, ini juga cukup membantu karena kami sudah memiliki pengemudi terpercaya yang sudah memahami proses keluar masuk barang kami (jenis pemesanan dan bahkan lokasi pengiriman). Tetapi saya tidak terlalu sering menggunakan fitur ini karena saya khawatir ketika saya menentukan, ternyata pengemudi sedang sibuk dan tidak dapat menerima pesanan saya. Tetapi secara keseluruhan jika saya tahu pengemudi dalam keadaan online dan tidak sibuk, saya menggunakan fitur Pilih Pengemudi.

Begitu banyak kemudahan yang saya rasakan selama saya merangkum pengalaman Deliveree dan kelebihan Deliveree dalam beberapa tahun terakhir ini, dan saya cukup mengikuti perkembangan inovasinya hingga akhirnya ditahun yang hampir menginjakkan angka keempat ini, saya berpikiran untuk membuat Deliveree review atau review Deliveree Indonesia untuk membagikan beberapa pengalaman Deliveree saya, mengingat saya pernah mengalami beberapa kendala yang cukup merugikan di bidang pengiriman ketika belum menggunakan Deliveree. Saya harap ini dapat bermanfaat baik untuk sesama pebisnis dan pengguna dan membantu Deliveree dalam mengembangkan inovasinya guna memberikan kepuasan pada pelanggan.


Simak juga video "PMI Jaktim Bantah Suplai Batu dan Logistik Saat Aksi Ricuh" :

[Gambas:Video 20detik]


(ads/ads)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com