detikNews
2019/10/14 18:24:02 WIB

Bus TransJ Zhongtong Mengaspal Lagi, Dulu Disorot Gara-gara Korupsi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Bus TransJ Zhongtong Mengaspal Lagi, Dulu Disorot Gara-gara Korupsi Foto: Bus Transjakarta Zhongtong (Hasan Al Habshy)
Jakarta - Bus TransJakarta merek Zhongtong mengaspal lagi di jalanan Jakarta. Padahal dulu, bus pabrikan China ini sempat menuai beberapa kontroversi. Dari mulai jadi objek korupsi, sampai bikin mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kapok.

Berdasarkan pantauan detikcom di Halte Harmoni Sentral, Senin (14/10/2019), salah satu bus merek Zhongtong sudah tampak melintas di jalanan aspal. Bus gandeng tersebut melayani koridor 1 TransJakarta Blok M-Kota.


Tak seperti pendahulunya yang didominasi merah dan oranye, bus Zhongtong kali ini didominasi biru dan putih. Logo Zhongtong terlihat di 'hidung' bus. PT TransJakarta membenarkan bus Zhongtong sudah beroperasi lagi. Operatornya adalah Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD).

"Ini ceritanya adalah pelaksanaan kontrak yang tidak dapat dipenuhi PPD pada waktu itu, sehingga terbit penalti dan baru bisa dipenuhi sesuai kontraknya pun ini baru sebagian," ucap Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo, saat dikonfirmasi.

Pengadaan bus Zhongtong dimulai sejak tahun 2012. Awalnya, ada sekitar 66 bus yang dibeli dari perusahaan Zhongtong Bus Holding, China.


Saat itu, warna bus ini didominasi oleh warna merah dan oranye. Sedang interior di dalam bus, terdapat sekat antara ruang pengemudi dan penumpang. Ada 40 kursi penumpang dan puluhan pegangan untuk penumpang berdiri. Di dalam bus juga terdapat 5 tabung pemadam kebakaran, 7 Palu untuk memecahkan kaca dan 4 buah CCTV.

Namun dalam perjalanannya, bus Zhongtong ini menuai kontroversinya. detikcom para Senin (14/10) merangkum beberapa kontroversi bus pabrikan negeri tirai bambu itu:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com