detikNews
2019/10/14 17:06:50 WIB

Pernah Bikin Ahok Kapok, Bus China Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta

Arief Ikhsanudin, Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pernah Bikin Ahok Kapok, Bus China Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta (Wilda/detikcom)
Jakarta - Masih ingat pada bus merek Zhongtong? Bus pabrikan China yang pernah bikin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kapok tersebut kembali mengaspal di Jakarta sebagai bagian dari TransJakarta.

Pantauan detikcom di Halte Harmoni Sentral, Senin (14/10/2019), salah satu bus merek Zhongtong tampak melintas. Bus gandeng tersebut melayani koridor 1 TransJakarta Blok M-Kota.

Tak seperti pendahulunya yang didominasi oranye dan merah, bus Zhongtong kali ini didominasi biru dan putih. Logo Zhongtong terlihat di 'hidung' bus.

Pernah Bikin Ahok Kapok, Bus China Zhongtong Mengaspal Lagi di JakartaBus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta (Wilda/detikcom)




Saat dimintai konfirmasi, PT TransJakarta membenarkan bus Zhongtong sudah beroperasi lagi. Operatornya adalah Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD).

"Ini ceritanya adalah pelaksanaan kontrak yang tidak dapat dipenuhi PPD pada waktu itu, sehingga terbit penalti dan baru bisa dipenuhi sesuai kontraknya pun ini baru sebagian," ucap Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo saat dimintai konfirmasi.

Pernah Bikin Ahok Kapok, Bus China Zhongtong Mengaspal Lagi di JakartaBus Zhongtong di Tanjung Priok pada Desember 2016 (Dok. detikcom)


Bus-bus tersebut bukan didatangkan pada tahun ini. Pengadaan bus ini adalah pelaksanaan kontrak 2013 yang kemudian tiba di Jakarta pada 2016.



Menilik ke belakang, bagaimana lika-liku bus Zhongtong?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com