detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 16:41 WIB

Posting soal Penusukan Wiranto, Guru di Serang Dapat Surat Peringatan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Posting soal Penusukan Wiranto, Guru di Serang Dapat Surat Peringatan Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin (Foto: Bahtiar-detikcom)
Serang - Guru SMP Negeri 14 Kota Serang, Rahayu Hayati, mendapatkan surat peringatan dari pemkot karena status medosnya pasca-penusukan Menko Polhukam Wiranto di Menes, Pandeglang. Di statusnya, ia menulis soal teroris yang hanya membawa pisau dapur.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin mengatakan guru tersebut sudah dipanggil oleh kepala sekolah dan diberi surat peringatan. Ia juga memberikan peringatan dan imbauan kepada guru dan PNS di lingkungan pemkot untuk tidak berkomentar dan membuat status yang dapat menimbulkan dampak hukum.

"Pemanggilannya sudah, sudah dikasih SP (surat peringatan) oleh kepala sekolahnya langsung," kata Subadri saat dimintai konfirmasi wartawan di Kota Serang, Banten, Senin (14/10/2019).


Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan, dari pengakuannya, status yang ditulis tidak bermaksud menyinggung kelompok atau individu tertentu pasca-penusukan Wiranto. Dinas Pendidikan juga sedang mengkaji isi konten tersebut.

"Kontennya kita lihat dulu, yang bersangkutan tidak bermaksud apa-apa dan sudah dipanggil oleh kepala sekolah," kata Wasis menambahkan.

Dinas juga sudah membuat wanti-wanti pada guru lain agar tidak sembarangan membuat status di media sosial. Apalagi status provokatif yang bisa memicu implikasi hukum seperti UU ITE.


Simak juga video "News of the Week: Wiranto Ditusuk Teroris, Dandim Kendari Dicopot" :

[Gambas:Video 20detik]


(bri/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com