detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 16:02 WIB

Zulkifli Hasan: Parlemen yang Dulu Setahun Tidak Kerja

Andhika Prasetia - detikNews
Zulkifli Hasan: Parlemen yang Dulu Setahun Tidak Kerja Zulkifli Hasan (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Eks Ketua MPR Zulkifli Hasan berbicara mengenai perbedaan kondisi parlemen periode sekarang dengan periode 2014-2019. Zulkifli menyebut parlemen yang sekarang berbeda jauh dengan periode sebelumnya.

"Parlemen sekarang dibanding yang dulu, dulu kita satu tahun nggak kerja. Sekarang hari pertama, kedua bekerja. DPR tertib, lancar, nggak ada voting-voting-an, kemudian MPR lancar," kata Zulkifli di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).


Zulkifli mencontohkan, di MPR sekarang tidak mengenal istilah koalisi atau oposisi. Hal tersebut, kata Zulkifli, merupakan peran Jokowi yang merangkul semua parpol.

"Di MPR itu nggak ada lagi koalisi, satu, sama. Dari PDIP sampai PPP. Semua musyawarah, tentu ini karena peran Pak Presiden yang kemarin semua setelah pemilu dirangkul, baik yang besar atau yang kecil," tutur Ketum PAN ini.


Dalam pertemuan dengan Jokowi, Zulkifli juga membahas amandemen terbatas UUD 1945. Zulkifli menegaskan, fungsi presiden tetap dipilih rakyat.

"Kita singgung bagaimana Indonesia ke depan, 50 tahun, 100 tahun, pak presiden tanya apa mengenai amandemen terbatas itu. Apakah nanti presiden itu dimandatoris MPR. Itu nggak," ujar Zulkifli.




Jokowi Bertemu Zulkifli Hasan, Ini yang Dibahas:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com