detikNews
2019/10/14 15:55:46 WIB

Ketum PAN Bahas Koalisi dengan Jokowi, PKS Oposisi Sendirian?

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ketum PAN Bahas Koalisi dengan Jokowi, PKS Oposisi Sendirian? Jokowi menemui Zulkifli Hasan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketum PAN Zulkifli Hasan menemui Presiden Joko Widodo dan ada pembahasan soal kemungkinan bergabung dengan koalisi. Apakah ini sinyal PKS hanya tinggal akan sendiri menjadi oposisi?

Pertemuan Zulkifli dan Jokowi berlangsung siang ini di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019). Jokowi mengakui memang ada pembahasan soal koalisi dengan eks Ketua MPR itu.

"Ya ada, tapi belum sampai final, belum rampung," kata Jokowi usai bertemu Zulkifli.


Seperti diketahui, Zulkifli merupakan ketum parpol eks rival di Pilpres 2019 yang ditemui Jokowi. Pekan lalu, Jokowi bertemu dengan Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, secara terpisah.

Dalam pertemuan dengan SBY dan Prabowo, diakui pula memang ada pembahasan soal kemungkinan bergabungnya kedua partai itu di pemerintahan. Meski memang belum ada keputusan, sinyal Demokrat dan Gerindra menjadi bagian koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin cukup kuat.

Ketum PAN Bahas Koalisi dengan Jokowi, PKS Oposisi Sendirian?Presiden PKS Sohibul Iman saat masih bersama koalisi Prabowo-Sandiaga Uno. (Ari Saputra/detikcom)

Dengan bertambahnya PAN yang juga terkesan akan merapat, ini berarti hanya tinggal PKS saja partai rival Jokowi di Pilpres 2019 yang akan menjadi oposisi. Partai pimpinan Sohibul Iman itu sudah menegaskan akan setia menjadi oposisi kembali di periode kedua Jokowi.

"Demokrasi perlu kekuatan penyeimbang. Publik perlu dilindungi haknya dengan adanya partai yang berada dalam barisan #KamiOposisi dan #KamiOposisi yang kritis dan konstruktif. Dalam bahasa Pak Sohibul Iman, oposisi loyal," Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Sabtu (12/10).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com