detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 15:26 WIB

Tak Putus Arang, Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Ajukan Kasasi

Zunita Putri - detikNews
Tak Putus Arang, Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Ajukan Kasasi Karen Agustiawan (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Karen Agustiawan tetap tidak menerima kenyataan bila pengadilan memvonisnya bersalah melakukan korupsi. Mantan Direktur Utama PT Pertamina itu pun melanjutkan perjuangan hukumnya ke Mahkamah Agung (MA).

Pada Juni 2019 Karen dihukum 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan. Karen terbukti bersalah melakukan korupsi dalam investasi blok Basker Manta Gummy (BMG) di Australia. Lalu Karen mengajukan banding tetapi kandas, hingga akhirnya kasasi menjadi pilihan.




"Sudah ajukan kasasi per 8 Oktober kemarin," kata Soesilo Aribowo saat dimintai konfirmasi, Senin (14/10/2019).

Dalam perkara ini Karen terbukti melakukan korupsi bersama-sama dengan eks Direktur Keuangan Pertamina Ferederick S.T Siahaan, eks Manajer Merger dan Akuisisi Pertamina Bayu Kristanto, serta Legal Consul and Compliance Pertamina Genades Panjaitan. Hakim meyakini Karen telah menyalahgunakan jabatan untuk melakukan investasi.

Karen memutuskan melakukan investasi participating interest (PI) di Blok BMG Australia tanpa melakukan pembahasan dan kajian terlebih dulu. Selain itu, investasi tersebut tanpa ada persetujuan dari bagian legal dan dewan komisaris PT Pertamina.

Majelis hakim juga menyatakan Pertamina tidak memperoleh keuntungan secara ekonomis lewat investasi di Blok BMG. Sebab, sejak 20 Agustus 2010, ROC selaku operator di blok BMG menghentikan produksi dengan alasan lapangan tersebut tidak ekonomis lagi.




Perbuatan Karen itu memperkaya Roc Oil Company Limited (ROC) Australia. Atas perbuatan itu, negara juga mengalami kerugian Rp 568 miliar.

Karen sendiri sudah menentang kasus yang menjeratnya itu sedari awal hingga divonis pada Juni lalu. "Saya itu harusnya bebas, jadi saya tidak mengerti kenapa bisa 8 tahun (penjara)," kata Karen seusai sidang saat itu.




Simak juga video Kelompok Masyarakat Dayak Maanyan Demo di Depan Kantor Pertamina!:

[Gambas:Video 20detik]




(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com