detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 13:59 WIB

Kabut Asap Menyelinap ke Sungai Penuh dan Kerinci Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Kabut Asap Menyelinap ke Sungai Penuh dan Kerinci Jambi Kabut Asap di Sungai Penuh (Ferdi Almunanda/detikcom)
Jambi - Kabut asap imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak hanya menyelimuti langit di Kota Jambi. Kabut asap itu kini sudah menyelinap ke langit di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci Jambi.

"Iya benar kabut asap sudah sampai ke Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Kabut asap ini merupakan kabut asap kiriman, memang asap itu juga menyelimuti Gunung Kerinci, tetapi kalau untuk kebakaran hutan dan lahan di Sungai Penuh maupun Kerinci itu nihil tidak ada," kata Kepala BPBD Kota Sungai Penuh Jambi Abraldani saat dihubungi detikcom, Senin (14/10/2019).


Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci Jambi ini terjadi selama beberapa pekan terakhir. Meski tidak begitu pekat, kabut asap itu disebut mengganggu.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, aktivitas warga di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Jambi, juga masih berjalan lancar. Sejumlah sekolah di sana juga masih belajar seperti biasanya.

"Sepertinya asap ini adalah asap kiriman dari Kabupaten Muaro Jambi lah, kemarin-kemarin udara masih bagus, setelah kabut asap hilang karena hujan. Sekarang sudah ada lagi terlihat," kata warga Kota Sungai Penuh, Randra.


Karhutla terpantau cukup banyak di Kabupaten Muaro Jambi. Padahal sebelumnya kabut asap sempat hilang bahkan titik hotspot juga pernah nihil setelah hujan mengguyur beberapa daerah di Jambi.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com