detikNews
2019/10/14 09:17:56 WIB

Embrio Khilafatul Muslimin Disebut Berawal dari NII

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Embrio Khilafatul Muslimin Disebut Berawal dari NII Barang bukti yang dikumpulkan dari rumah NAS, tersangka teroris yang ditangkap di Tambun, Kab Bekasi. ( ANTARA FOTO/Arisanto)
Jakarta - Tersangka teroris berinisial NAS yang ditangkap di Tambun Kabupaten Bekasi berafiliasi dengan Khilafatul Muslimin (KM). Pakar menyebut organisasi itu berasal dari Negara Islam Indonesia (NII), organisasi perlawanan terhadap NKRI bentukan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

"Embrio awal dari KM adalah NII, tidak ditampik bahwa orang-orang kunci KM sebelumnya adalah anggota NII (negara Islam Indonesia) atau familier di sebut N-11. Seperti halnya ustad Abdul Qodir H Baraja itu dri NII keluar kemudian mendirikan KM," kata peneliti terorisme dari Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA), Harits Abu Ulya, kepada wartawan, Senin (14/10/2019).



Abdul Qodir Baraja yang dia sebut adalah penggagas Khilafatul Muslimin pada 1997. Baraja pernah dipenjara gara-gara kasus bom Candi Borobodur tahun 1985. Pusat Khilafatul Muslimin ada di Lampung. Mereka mengklaim sebagai organisasi non-kekerasan.

"Meski tidak ditampik bahwa ustad Abdul Qodir sebagai pimpinan organisasi KM di masa lalunya pernah tersangkut kasus (perampokan dan pembunuhan) Warman Lampung dan kasus bom Borobudur. Atau ada oknum-oknum KM saat ini diduga terlibat atau terkait jaringan teroris tapi KM tetap mengklaim tidak pernah organisasinya punya rencana seperti itu," kata dia.



Soal hubungan Khilafatul Muslimin dengan ISIS, keduanya sama-sama mengusung ide khilafah. Hubungan keduanya bisa berupa ketidaksepakatan atau kesepakatan soal khilafah versi masing-masing. Sebagian yang sepakat kemudian terafiliasi dengan ISIS.

"Dan sampai akhirnya aparat kepolisian menemukan jejak adanya orang KM terkait dengan jaringan teroris," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com