detikNews
2019/10/14 09:16:03 WIB

Anggota DPR Minta Kemenag Bina Crosshijaber

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Anggota DPR Minta Kemenag Bina Crosshijaber Foto: anggota DPR Ace Hasan Syadzily (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - DPR meminta Kementerian Agama (Kemenag) menelusuri komunitas crosshijaber yang sedang heboh di media sosial. Hijaber sebenarnya hanya digunakan perempuan, bukan seorang pria.

"Kementerian Agama harus menelusuri dan meneliti dahulu fenomena crosshijaber ini dilakukan oleh komunitas apa? Apa yang menjadi dasar mereka menggunakan hijab yang memang sudah menjadi identitas muslimah, bukan dilakukan oleh laki-laki," kata anggota DPR Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Minggu (13/10/2019).



Komunitas crosshijaber dimaksud adalah pria yang berpenampilan menggunakan hijab, bahkan bergaya ala hijab syar'i lengkap dengan cadar. Istilah crosshijaber diambil dari crossdressing, di mana pria mengenakan gaun wanita dan tampil dengan makeup. Crosshijaber bahkan memiliki komunitas di Facebook dan Instagram, dan bahkan ada tagarnya sendiri.

Setelah ditelusuri, Ace Hasan yang pernah menjabat Wakil Ketua Komisi VIII (bidang agama) DPR meminta Kemenag bersama Ormas Keagamaan melakukan pembinaan terhadap komunitas crosshijaber.

"Setelah meneliti dan menyelidiki fenomena ini, Kementerian Agama bersama dengan Ormas keagamaan harus melakukan pembinaan terhadap mereka," kata Ace.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com