detikNews
2019/10/14 09:14:49 WIB

Abdul Basyir Juga Tuntun Ninoy Sumpah di Bawah Alquran, Ini Alasannya

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Abdul Basyir Juga Tuntun Ninoy Sumpah di Bawah Alquran, Ini Alasannya Foto: dok. detikcom
Jakarta - Abdul Basyir Mokodongan mengaku tidak hanya menginterogasi dan memukul relawan Jokowi, Ninoy Karundeng di dalam Masjid Al-Falah, Pejompongan, Jakpus. Dia juga yang menuntun Ninoy untuk bersumpah di bawah kitab suci Alquran.

Basyir mengaku spontan untuk mengambil sumpah Ninoy di bawah Alquran setelah dia menginterogasinya. Basyir kemudian memerintahkan tersangka lain yakni Riski Fauzan untuk mengambil Alquran. Hal itu diungkap Basyir dalam wawancara eksklusif dengan detikcom di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

"Tiba-tiba terlintas saja berpikir untuk minta si Ninoy untuk bersumpah," kata Basyir.

Basyir mengaku tidak ada yang memerintahkan dirinya untuk mengambil sumpah Ninoy. Basyir mengaku dirinya begitu teratur dalam menuntun Ninoy untuk bersumpah, karena sering mengisi ceramah di masjid-masjid.

"Mungkin terbiasa juga sering ngisi ceramah, sampai akhirnya pada saat mengambil sumpah dia itu seperti itu," katanya.

"Maksudnya kalau isi ceramah itu kan nggak perlu pakai teks. Sering isi ceramah di masjid, di kampung," sambungnya.

Pengambilan sumpah di bawah Alquran ini merupakan satu rangkaian dengan kejadian Ninoy diinterogasi. Basyir mengungkap mengambil sumpah Ninoy agar tidak mengulangi menyebarkan berita yang menurutnya hoax.

"Tujuannya mengambil sumpah ke Ninoy itu bertujuan agar dia berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya. Menyebarkan berita bohong,






Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com