detikNews
2019/10/14 08:14:49 WIB

Prabowo Dinilai Melobi Partai Jokowi Meski Tak Bahas Kursi Menteri

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Prabowo Dinilai Melobi Partai Jokowi Meski Tak Bahas Kursi Menteri Prabowo dan Surya Paloh bertemu (Isal/detikcom)
Jakarta - Meski pembicaraan antara Prabowo Subianto dan Surya Paloh dinyatakan tak membahas kursi menteri, namun silaturahmi politik Prabowo dinilai bertujuan melobi parpol-parpol pro-Jokowi supaya Gerindra bisa masuk koalisi.

"Semua peristiwa punya konteks. Perjumpaan Prabowo dan Surya Paloh ada dalam konteks mencari titik temu dalam proses lobi dan negosiasi, hubungannya dengan penentuan kabinet. Itu paling masuk akal," kata pakar komunikasi politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto, kepada wartawan, Senin (14/10/2019).



Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran ini melihat ada resistensi dari parpol-parpol asli pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Resistensi itu dinilainya masuk akal, karena itu berhubungan dengan pembagian kue kabinet. Semakin banyak orangnya, semakin kecil kue yang didapat. Kini tambah satu lagi parpol mau masuk. Kue akan semakin kecil didapat masing-masing parpol.

"Tentu salah satu pihak yang resisten adalah Partai NasDem, maka Ketua Umumnya dikunjungi Prabowo semalam," kata Gun Gun.



Lobi-lobi tingkat tinggi dilancarkan Prabowo untuk meredakan resistensi semacam itu. Ini normal saja dalam politik. Namun tentu saja yang disampaikan ke publik tidaklah sevulgar itu. Surya Paloh tetap menyampaikan bahwa tak ada pembicaraan kursi kabinet.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com