detikNews
2019/10/14 04:49:12 WIB

Kisah Sahabat Nabi: Bilal yang Suara Sandalnya Terdengar di Surga

Abdul Jalil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kisah Sahabat Nabi: Bilal yang Suara Sandalnya Terdengar di Surga Bilal bin Rabbah, Muadzin yang sendalnya terdengar hingga ke Surga (Foto: Denny Putra/detikcom)
Jakarta -

Kisah sahabat Nabi tentang Bilal bin Rabah. Dia lah muadzin pertama yang mendapat kepercayaan langsung dari Rasulullah SAW untuk mengumandangkan adzan sebagai penanda panggilan sholat. Bilal begitu istimewa, hingga suara sandalnya pun didengar Nabi Muhammad SAW di surga.

Sahdan. Kisah sahabat nabi Bilal yang berasal dari Habsyah, -sekarang Ethiopia- berkulit hitam termasuk As-Sabiqun al-Awwalun yakni yang pertama kali masuk Islam. Dia satu dari 5 orang yang pertama kali beriman kepada Allah SWT dan mengakui kenabian Muhammad SAW.



Saat masuk Islam, Bilal masih berstatus sebagai budak dari Umayah. Umayah yang tak rela budaknya masuk Islam menyiksa Bilal dengan menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Dikutip dari islami.co, bahkan dada Bilal sempat ditindih batu hitam hingga napasnya tersengal sengal.

Semua dilakukan Umayah agar Bilal meninggalkan Islam untuk kembali menyembah Latta dan Uzza. Namun Bilal bertahan pada ke-Islamannya. Beratnya siksaan yang dia terima tak membuatnya goyah dan meninggalkan Islam.

Kisah sahabat nabi berikutnya, Abu Bakar yang melihat peristiwa penghukuman itu kemudian membebaskan Bilal. Sejak itu Bilal selalu menemani Rasullah SAW. Dikutip dari almanhaj.or.id, Bilal adalah salah satu sahabat Nabi yang memiliki keistimewaan dan kemuliaan.

Bilal termasuk di antara salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Ini seperti sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam seperti diriwayatkan dalam Hadits Bukhori.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com