Orang Utan Mama Sifa dan Anaknya Diselamatkan dari Karhutla di Kalbar - Halaman 2

Orang Utan Mama Sifa dan Anaknya Diselamatkan dari Karhutla di Kalbar

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 14 Okt 2019 00:43 WIB
Foto: orang utan mama sifa dan bayinya di kalimantan barat (dokumen tim IAR Indonesia)
Foto: orang utan mama sifa dan bayinya di kalimantan barat (dokumen tim IAR Indonesia)


Ketika kebakaran hutan dan lahan melanda daerah Ketapang, sambung dia IAR Indonesia bersama para mitra pemerintah dan warga masyarakat, telah menyelamatkan enam individu orang utan termasuk Mama Sifa dan bayinya. Hilangnya habitat tempat mereka hidup menjadikan Unit Perlindungan Orang utan dan Tim Penyelamat dari IAR Indonesia harus siap 24 jam setiap hari ketika menerima laporan masyarakat.

"Ketika Anda melihat mata Sifa, Anda menyadari ketakutan dan keputusasaan orang utan yang melihat bagaimana rumah mereka hancur," ujar Direktur Program IAR Indonesia Karmele Llano Sanchez.



Orang Utan Mama Sifa dan Anaknya Diselamatkan dari Karhutla di KalbarFoto: dokumen tim IAR Indonesia


Kejadian ini, menurut Sanchez sama seperti yang terjadi pada tahun 2015, di mana operasi penyelamatan berlangsung berbulan-bulan setelah kebakaran, dan dampak buruk yang ditimbulkan kebakaran hutan pada orang utan dan satwa liar lainnya.

"Mereka yang berhasil diselamatkan, adalah yang beruntung karena masih mendapatkan kesempatan untuk bertahan hidup. Tetapi masih banyak orang utan yang mungkin mati dalam kebakaran dan yang tidak bisa selamat karena kekurangan makanan atau dibunuh manusia. Kita perlu bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa tidak akan ada lagi kebakaran hutan. Jika tidak, akan sangat sulit untuk memastikan kelangsungan hidup hewan-hewan ini di alam liar," tuturnya.
Halaman

(fai/dnu)