detikNews
2019/10/13 23:08:12 WIB

Berpakaian Adat Papua, Mendikbud Lepas Pawai Kedigdayaan Nusantara

Rolando - detikNews
Halaman 1 dari 2
Berpakaian Adat Papua, Mendikbud Lepas Pawai Kedigdayaan Nusantara Pawai Kedigdayaan Nusantara, Muhadjir berbusana Papua. (Rolandi FS/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pawai budaya dengan tajuk 'Pawai Kedigdayaan Nusantara'. Pawai ini merupakan rangkaian dari Pekan Kebudayaan Nasional yang telah berlangsung sejak, Senin (7/10).

Pantuan detikcom, pawai budaya ini dimulai dari Istora Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/2019) pada pukul 20.11 WIB yang dilepas langsung oleh Mendikbud Muhadjir Effendy yang mengenakan pakian adat Papua. Mayoritas peserta pawai adalah anak-anak dan para remaja yang mengenakan pakaian adat lengkap dari 26 provinsi dan 20 wahana kreatif seluruh Indonesia.



Sebelum melepas pawai, Muhadjir mengajak peserta pawai dan warga yang hadir untuk mendoakan Maluku, Papua, Papua Barat. Dia berharap Indonesia selalu bahagia.

"Saya mengajak semua untuk merenung atau mengheningkan cipta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, pertama agar Indonesia aman sentosa, adil dan makmur. Yang kedua kita ingin mendoakan mudah-mudahan saudara kita sebangsa setanah air yang terkena musibah, baik musibah bencana alam maupun bencana kemanusiaan, khususnya di Maluku, juga Papua dan Papua Barat semoga semuanya normal kembali, damai, agar Indonesia tetap terus bahagia," kata Mudhajir.

"Dengan ini kirab budaya Pekan Budaya Nasional 2019 saya nyatakan dimulai," ujar Muhadjir menandakan pawai dimulai.

Berpakian Adat Papua, Mendikbud Lepas Pawai Kedigdayaan NusantaraFoto: Pawai Kedigdayaan Nusantara, Muhadjir berbusana Papua. (Rolandi FS/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com