detikNews
2019/10/13 21:41:09 WIB

Round-Up

Dashyatnya Topan Hagibis Tak Sentuh Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dashyatnya Topan Hagibis Tak Sentuh Indonesia Dampak Topan Hagibis di Jepang (Carl Court/Getty Images)
Jakarta - Topan dahsyat Hagibis yang melanda negara Jepang membuat rumah-rumah terendam air hingga hampir setengah juta rumah mengalami listrik padam. Pihak BMKG memastikan topan Hagibis tidak terjadi di Indonesia.

Topan Hagibis melanda Jepang hari Sabtu (12/10/2019). Dikategorikan sebagai 'luas dan sangat kuat', topan ini juga telah memaksa pembatalan dua pertandingan Rugby World Cup, mengganggu Grand Prix Jepang dan membatalkan lebih dari 1.600 penerbangan.


Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan Hagibis merupakan topan luas yang diperkirakan akan mendatangkan "angin brutal dan ombak ganas" di banyak wilayah di Honshu. Hujan deras yang akan turun telah memicu peringatan terjadinya banjir. JMA telah mengeluarkan peringatan akan terjadinya angin kencang, gelombang tinggi, tanah longsor dan banjir serius untuk banyak wilayah di Honshu.

Hingga hari Minggu (13/10), sebanyak 23 orang tewas akibat topan Hagibis. Sementara itu, menurut siaran publik NHK, 17 orang dikabarkan masih hilang. Topan ini telah meninggalkan kerusakan dan membuat sungai meluap.


Pembatasan pendaratan di Bandara Narita dan Haneda Tokyo telah dicabut. Namun lebih dari 800 penerbangan dibatalkan untuk hari itu. Hal ini juga berlaku untuk beberapa layanan kereta peluru Shinkansen yang memiliki jadwal keberangkatan menuju daerah-daerah terdampak bencana.

Pihak berwenang pun telah mencabut peringatan hujan untuk wilayah Kanto di sekitar Tokyo. Banyak jalur kereta api kembali beroperasi, tetapi mereka memperingatkan masih ada risiko sungai di Jepang timur meluap dan menimbulkan kerusakan baru.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com