detikNews
2019/10/13 20:06:14 WIB

Round-Up

Protes Keluarga Siswa TN Gegara Napi Pembunuh Keluar Penjara

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Protes Keluarga Siswa TN Gegara Napi Pembunuh Keluar Penjara Ilustrasi penjara (Foto: Andi Saputra/detikcom)
Jakarta - AMR, napi kasus pembunuhan siswa SMA Taruna Nusantara, diizinkan keluar lapas untuk mendaftar kuliah. Keluarga Kresna Wahyu Nurachmad, siswa kelas X SMA Taruna Nusantara yang menjadi korban AMR pun melayangkan protes keras.

Izin itu dikeluarkan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) usai AMR mengajukan permohonan kursus di kampus di luar lingkungan lapas. Kepala LPKA Kelas I Tangerang Darma Lingganawati kemudian menegaskan dikeluarkannya izin untuk AMR kursus sudah sesuai dengan prosedur.

Lingga mengatakan pengajuan untuk kursus di luar lingkungan LPKA--yang dulu disebut Lapas Anak--sudah melalui sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) pada 23 Juli 2019. Untuk proses pendaftaran, menurut Lingga, AMR memang diwajibkan ikut tes di luar LPKA. Karena itu, LPKA, memberikan izin keluar kepada AMR dengan standard operating procedure (SOP) yang berlaku.

"Pada Jumat, 27 September 2019, keluarga bermohon harus ada tes wawancara secara fisik. Siang itu juga saya perintahkan pejabat (terkait) siapkan semua sesuai SOP, TPP mengizinkan," katanya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com