detikNews
2019/10/13 18:42:37 WIB

Jelang Penerapan Sistem 2-1 di Puncak, Sebagian Ruas Jalan Diperlebar

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jelang Penerapan Sistem 2-1 di Puncak, Sebagian Ruas Jalan Diperlebar Foto: Sebagian ruas jalan di Puncak diperlebar (Sachril-detik)
Bogor - Uji coba sistem 2-1 di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, akan dilakukan pada 27 Oktober 2019 mendatang. Agar kendaraan tidak tersendat ketika saat sistem 2-1 diuji coba, maka dilakukan pelebaran jalan.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menjelaskan, penanganan Jalan Raya Puncak melibatkan seluruh pihak. Agar kapasitas Jalan Raya Puncak bertambah, dilakukan pelebaran jalan.

"Iya sedang berjalan (pelebaran jalan), dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Saya enggak hapal titik-titik penyempitan jalannya di mana saja, tapi ada pelebaran jalan," kata Bambang, ketika dihubungi, Minggu (13/10/2019).



Bambang mengatakan, pelebaran Jalan Raya Puncak dilakukan secara bertahap. "Pelebaran jalan ini untuk mengurangi kemacetan dengan menambahkan kapasitas jalan," lanjut dia.

Lainnya Bambang menerangkan, uji coba sistem 2-1 ini dilakukan dengan membagi 3 jalur dari Simpang Gadog sampai Taman Safari Indonesia (TSI). Jalan, akan dibagi dengan memakai traffic cone.
Jelang Penerapan Sistem 2-1 di Puncak, Sebagian Ruas Jalan DiperlebarFoto: Macet Puncak saat pemberlakuan sistem 1 arah (Sachril-detikcom)

"Kita sedang melatih petugas di lapangan untuk memasang traffic cone. Ketika memasang traffic cone, perlu ketelitian dan keahlian supaya ketika traffic cone ini saat sudah dipasang, tidak jatuh. Makanya, sekarang kita sedang melatih bagaimana memasang traffic cone dari atas kendaraan bak terbuka," terang Bambang.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com