detikNews
2019/10/13 17:22:09 WIB

Kawal 7 Tuntutan, Mahasiswa Lintas Universitas Bentuk Border Rakyat 'BORAK'

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kawal 7 Tuntutan, Mahasiswa Lintas Universitas Bentuk Border Rakyat BORAK Foto: Border Rakyat (BORAK) (Isal/detikcom)
Jakarta - Mahasiswa lintas universitas membentuk BORAK (Border Rakyat). Organisasi taktis ini dibentuk dengan tujuan untuk menegakkan reformasi dan mengawal 7 tuntutan mahasiswa sebelumnya yang disampaikan saat aksi di DPR.

"Pembentukan BORAK sebagai organisasi taktis bertujuan untuk menegakkan reformasi, menegakan supremasi sipil, memperkuat solidaritas rakyat," ujar perwakilan BORAK, Natado Putrawan (24), di kantor YLBHI, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/10/2019).

BORAK berdiri pada tanggal 26 September 2019. BORAK dibentuk setelah adanya kegiatan doa bersama di Universitas Al-Azhar bagi mahasiswa-masiswa yang menjadi korban saat mengikuti demonstrasi.

"Konsolidasi kami itu terjadi pada 26 September di Universitas Al-Azhar itu terjadi setelah aksi solidaritas doa bersama kepada kawan-kawan yang sudah menjadi korban sudah menjadi martir, yang menjadi bukti bahwa ternyata pemerintah sedang tidak sehat, negara tidak sehat, dengan kawan-kawan martir yang sudah berjatuhan yang sudah banyak memakan korban, membuktikan ini merupakan rezim berdarah. Kita harus kembalikan tatanan masyarakat, kita harus mengembalikan supremasi sipil untuk ditegakkan setegak-tegaknya," ujar Natado.



Natado mengklaim BORAK memiliki ribuan massa dari berbagai universitas, di antaranya Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Budi Luhur, Universitas Moestopo, Intitut Sains dan Teknologi Nasional, Indonesia Banking School, Kalbis Institute, Aliansi Tanpa Nama Kampus, Aliansi Mahasiswa Indonesia Mengguggat, Front Aksi Mahasiswa Semanggi, Front Aksi Mahasiswa Universitas Indonesia, Front Aksi Mahasiswa Universitas Pasundan, Front Aksi Mahasiswa Universitas Mpu Tantular, dan Konsolidasi Mahasiswa Universitas Padjadjaran, dan lain-lain.

"Kalau orang di lapangan kami yang turun di atas 1500, estimasi masda aksi yang kemarin ya yang 30 (September). Sampai hari ini pun, kawan-kawan yang ingin berjaring dengan borak, atau ingin sama-sana merumuskan formulasi-formulasi, agenda yang dibahas BORAK, banyak yanh merapat," ujar Natado.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com