detikNews
2019/10/13 11:26:25 WIB

Sunan Kuning Mau Tutup

Sunan Kuning: Usia 16 Tahun Memimpin Koalisi Jawa-Tionghoa Melawan Raja

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 6
Sunan Kuning: Usia 16 Tahun Memimpin Koalisi Jawa-Tionghoa Melawan Raja Foto ilustrasi: Patung monumen Laskar Tionghoa di TMII (Rachman Haryanto)
Semarang - Apa yang Anda lakukan saat berumur 16 tahun? Di usia yang sama, Sunan Kuning sudah memimpin koalisi etnis Jawa dan Tionghoa untuk menggebuk Raja yang 'berselingkuh' dengan penjajah.

'Serat Babad Tanah Jawi' menjelaskan perihal kondisi Kesultanan Mataram (Keraton Kartasura) pada sekitar 1740-an. Saat itu Sang Raja lebih memihak ke Kompeni Belanda ketimbang ke bangsanya sendiri. Para bangsawan Jawa tidak terima dengan pilihan politik Sang Raja.


"Para priyagung Jawa kang sengit marang Walanda lestari mbiyantu Cina, dadi mungsuh ratune dhewe," demikian tertulis dalam 'Serat Babad Tanah Jawi' yang versi gancaran (prosa Jawa) Ngabehi Kertaprajda, ditulis atas inisiatif JJ Meinsma pada 1874.

Artinya, para elite Jawa yang membenci Belanda kemudian bekerjasama dengan Cina, menjadi musuh atas Ratu Jawa sendiri. Begitulah kondisi politik saat itu.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com