detikNews
2019/10/13 11:01:53 WIB

Sunan Kuning Mau Tutup

Siapa Sosok Sunan Kuning yang Dimakamkan di Lokasi Prostitusi Semarang?

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 3
Siapa Sosok Sunan Kuning yang Dimakamkan di Lokasi Prostitusi Semarang? Gerbang makam Soen An Ing. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Nama Sunan Kuning sekarang lebih lekat dengan lokasi prostitusi di Semarang ketimbang dengan catatan sejarahnya. Makam di dekat lokasi prostitusi dipercaya sebagai pusara Sunan Kuning. Namun ada dua versi soal sosok Sunan Kuning itu sendiri.

Lokasi yang disebut-sebut sebagai makam Sunan Kuning ada di Jalan Taman Sri Kuncoro, RW 2 RT 3, Kali Banteng, Semarang Barat. Jaraknya sekitar 100 meter saja dari pusat lokalisasi.


Versi pertama, Sunan Kuning adalah Soen An Ing yang dipercaya sebagai sosok pendakwah asli China yang datang menyebarkan agama Islam di Jawa pada abad ke-17 atau era VOC. Nama 'Soen An Ing' ditulis dengan jelas di gerbang makam berwarna merah bergaya Tiongkok ini.

Bagaimana bisa nama 'Soen An Ing' menjadi 'Sunan Kuning'? Konon, orang Jawa saat itu susah melafalkan 'Soen An Ing' dan memilih penyebutan yang mudah. Jadilah tokoh itu disebut sebagai Sunan Kuning. Hal ini dijelaskan oleh juru kunci makam Sunan Kuning.

"Karena lidah orang Jawa sulit menyebut Soen An Ing, maka disebutlah Sunan Kuning," kata salah satu juru kunci, Bambang, Rabu (9/10/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com