Menhub dan Pejabat Papua Rapat Bahas Bandara di Jayapura-Wamena Siang Ini

Menhub dan Pejabat Papua Rapat Bahas Bandara di Jayapura-Wamena Siang Ini

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 13 Okt 2019 09:54 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Isal Mawardi/detikcom)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi dan sejumlah pejabat dari Tanah Papua akan melakukan rapat koordinasi siang ini. Rapat tersebut berkaitan dengan pembangunan infrastruktur perhubungan.

"Kita siang ini merapatkan Bandara Jayapura, Wamena, Yakuhimo, Fakfak, Rajaampat, Sorong semua kita bahas," ujar Budi Karya di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (13/10/2019).


Rapat koordinasi ini, kata Budi, terkait konektivitas perhubungan di Tanah Papua. Namun dia tak menjelaskan secara detail di mana rapat akan digelar.

"Supaya kita memastikan konektivitas itu bisa dilaksanakan, kalau bisa dilaksanakan maka pembangunan makin bisa lebih berarti," katanya.



Wagub Papua Barat Mohamad Lakatoni menyambut baik adanya rapat koordinasi ini. Ia mengatakan bupati setanah Papua akan turut dalam rapat tersebut.

"Nanti siang ada rapat koordinasi di antara dua gubernur di Papua, Papua Barat, dan Papua, lalu ada para bupati se-tanah Papua, Papua, dan Papua Barat dengan pak menteri untuk bicara kebijakan-kebijakan dalam rangka membangun berbagai prasarana perhubungan yang ada di Papua dan Papua Barat," sebut Lakatoni.



Transportasi di Wamena Sudah Mulai Berjalan

Budi mengatakan kondisi di Wamena saat ini telah membaik. Dia mengatakan sejumlah transportasi komersial pun telah mulai berjalan.

"Transportasi sudah membaik, walaupun itensif Hercules menuju Wamena, tapi komersial sudah mulai berjalan," kata Budi.

Sementara itu, terkait sopir angkutan umum di Wamena yang menjadi korban kerusuhan, Budi mengaku belum mendapatkan informasi secara utuh. "Itu kami belum dapat informasi yang pasti," ujarnya.


Saksi Mata: Kerusuhan Picu Gelombang Eksodus di Wamena

[Gambas:Video 20detik]

(isa/mae)