detikNews
2019/10/13 09:18:16 WIB

Round-Up

Tamparan Penganiaya Ninoy Karundeng

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tamparan Penganiaya Ninoy Karundeng Abdul Basyir Mokodongan, sosok pria bersuara berat di balik video interogasi yang viral di medsos. (Dok. detikcom)
Jakarta - Sebelum polisi mengungkap kasus penyekapan dan penganiayaan Ninoy Karundeng, sebuah video viral di media sosial dan WhatsApp. Dalam video tersebut, terlihat sosok Ninoy yang sudah dalam kondisi lebam-lebam di muka tengah diinterogasi.

Suara pria yang menginterogasi relawan Joko Widodo (Jokowi) itu terdengar berat. Diketahui, pria bersuara berat tersebut adalah Abdul Basyir Mokodongan (30).

"Iya itu saya," kata Basyir dalam wawancara khusus dengan detikcom di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).


Momen itu terjadi pada Senin (30/9) malam. Basyir tengah berada di Masjid Al-Falah untuk membantu mengevakuasi pendemo korban tembakan gas air mata.

Awalnya, Basyir melihat Ninoy dibawa sekelompok orang ke depan masjid yang berada di daerah Pejompongan, Jakarta Pusat, itu. Dia mengaku sedang duduk di depan pagar masjid dan melihat Ninoy sudah dalam kondisi babak belur.

Ninoy lalu dibawa masuk ke dalam masjid. Ninoy jadi amukan massa karena diduga sebagai penyusup.


"Setelah itu diamankan di masjid. Jadi bukan penculikan, tapi diamankan, karena kalau dibiarkan di luar nanti akan terus jadi amukan massa," tuturnya.

Tamparan Penganiaya Ninoy KarundengNinoy Karundeng, yang diduga diculik dan dianiaya. (Screenshot Video)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com