detikNews
2019/10/13 08:02:31 WIB

Golkar: 'Deal' Ketua MPR untuk Bamsoet Rahasia Umum, Demi Stabilitas Politik

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Golkar: Deal Ketua MPR untuk Bamsoet Rahasia Umum, Demi Stabilitas Politik Ace Hasan Syadzily (Foto: Zakia Liland Fajriani/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar menyatakan kesepakatan di balik penugasan Bambang Soesatyo (Bamsoet) jadi Ketua MPR dan Munas partai bukan lagi rahasia yang harus ditutup-tutupi. Golkar mengatakan persaingan di antara Bamsoet dan Airlangga memang telah selesai dalam perebutan kursi Ketum Golkar.

"Apa yang didengar Pak Fadel Muhammad telah menjadi rahasia umum di internal Partai Golkar bahwa Pak Bamsoet ditugaskan Partai Golkar menjadi Ketua MPR dan mendukung Pak Airlangga menjadi Ketua Umum Partai Golkar dalam Munas nanti," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Sabtu (12/10/2019) malam.

Pernyataan itu disampaikan Ace menanggapi pernyataan politikus senior Golkar Fadel Muhammad yang menyebut ada 'deal' tertentu di balik kursi MPR-1 untuk Bamsoet. Posisi Ketua MPR diduga Fadel dimaksudkan agar Bamsoet tak lagi maju sebagai kandidat calon Ketum Golkar.


Namun, Ace tak sepakat jika kesepakatan itu diartikan sebagai upaya bagi-bagi kekuasan. Ace mengatakan penugasan Bamsoet menjadi Ketua MPR merupakan kesepakatan politik di internal partai. Menurutnya, penugasan Bamsoet menjadi Ketua MPR semata untuk menjaga stabilitas politik dan soliditas Partai Golkar.

"Tak harus dipahami ini sebagai deal atau bagi-bagi kekuasaan," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com